Dalam Waktu Dekat, DLH Palopo Akan Tanam 10.000 Bibit Pohon Ketapang Kencana

269
ADVERTISEMENT

PALOPO – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Palopo, rencananya akan menanam sebanyak 10.000 bibit pohon ketapang kencana, di wilayah Kota Palopo dalam waktu dekat ini.

Hal ini terungkap saat Kepala Dinas Lingkungan Hidup Palopo, Sitti Baderiah, melakukan peninjauan lapangan di sejumlah titik lokasi yang akan menjadi tempat penanaman bibit ini.

Kepada wartawan, dia mengatakan jika saat ini, 10.000 bibit tersebut, telah tiba di Kota Palopo. “Maka dari itu, hari ini saya dan teman-teman DLH melakukan kunjungan lapangan, melihat langsung titik yang akan kita tanami pohon ketapang kencana nantinya,” katanya.

Lebih jauh, dirinya mengatakan jika peninjauan itu dilakukan untuk mengetahui serta memperkirakan jika ada kendala, termasuk di antaranya berkomunikasi dengan pemilik rumah, toko, yang akan ditanami halamannya ataupun pekarangannya.

ADVERTISEMENT

“Kunjungan saya ke lapangan dalam rangka meninjau lokasi atau tempat yang akan direncanakan penggalian untuk penanaman pohon. Insyaallah, Kota Palopo, kita akan hijaukan dengan penanaman ketapang kencana. Tiba di Palopo hari ini juga, sudah ada bibit dari Makassar sekitar 10.000 bibit,” terangnya.

Dia menjelaskan, jika 10.000 bibit ketapang ini, merupakan hibah dari hasil kerjasama DLH dengan pembibitan provinsi di Gowa. Rencananya, penanaman ketapang kencana akan dilakukan sepanjang jalan poros hingga lorong-lorong se-Kota Palopo.

“Kita akan hijaukan se-Kota Palopo. Kita punya banyak bibit, jadi tidak mungkin dalam kota saja, perhatian pemerintah mencangkup seluruh titik jalan di Kota Palopo,” ujarnya.

Titik yang akan ditanami menurut Kepala DLH semua lahan kosong di pinggir jalan, taman, pekarangan rumah dan sekolah, hingga perkantoran. “Tahap awal kita mulai di Jalan Andi Djemma, titiknya dari Taman Love hingga pertigaan atau depan kantor Palopo Pos. Tahap selanjutnya dari Taman Love lanjut ke batas Kota Palopo dan Kabupaten Luwu di Sampoddo,” sebutnya.

Setelah itu, lanjut dari Palopo Pos ke wilayah Utara dan selanjutnya jalur alternatif ke lorong-lorong. “Saya berharap pada saat kami usai menanam, masyarakat bisa menjaga, memelihara dan ada rasa memiliki dengan tanaman apa yang kami tanam,” serunya.

Pemkot Palopo berharap, masyarakat ikut menjaga pohon ini nantinya, dengan harapa bisa tumbuh dengan baik sehingga Kota Palopo hijau, rindang dan yang merasakan manfaatnya adalah masyarakat dan penduduk Kota Palopo. (*/Har)

ADVERTISEMENT