Dapur Umum Nyaris Terbakar di Palu, Untung Ada Relawan PMI Palopo

2518
ADVERTISEMENT

PALU – Tabung gas dapur umum PMI Palu bocor dan hampir saja menyebabkan kebakaran di Jalan Kartini, Kota Palu, Rabu (17/10/2018) malam ini.

Dapur umum tersebut melayani semua relawan PMI dari berbagai daerah di Indonesia yang datang ke Palu untuk membantu korban gempa dan tsunami.

ADVERTISEMENT

Beruntung saat tabung berukuran jumbo itu bocor, bisa diatasi anggota PMI Palopo yang juga ada di lokasi kejadian.

Menurut salah seorang relawan PMI asal Palopo, Muh Asnur, saat kejadian sedang berkumpul di depan markas PMI Palu.

ADVERTISEMENT

“Kami sedang persiapan distribusi logistik bantuan ke Sigi. Tiba-tiba sejumlah relawan berhamburan dari dapur umum, ” kata Asnur.

Sejumlah kendaraan yang parkir di depan Kantor PMI Palu pun langsung dipindahkan ke lokasi yang aman karen ditakutkan terjadi kebakaran.

Saat semua relawan panik, Asnur sendiri yang masuk ke dapur umum. “Selang tabung terlepas. Jadi saya pasng kembali dengan manggunakan kain basah. Untungnya tidak ada percikan api,” jelas Asnur.

Sementara Wakil Ketua Tim Relawan PMI Palopo, Andi Taufik mengaku salut dengan keberanian anggotanya mengatasi kebocoran tabung gas. “Padahal semua relawan sudah panik, tidak ada yang berani mendekat. Kecuali Asnur itu,” puji Taufik.

Tim PMI Palopo sendiri sudah berada di Palu sejak 30 September. Selain memberikan bantuan medis, mereka juga mendistribusikan logistik ke titik pengungsian di Palu, Donggala dan Sigi. (adn)

ADVERTISEMENT