Desa Balantang Raih Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup

19
ADVERTISEMENT

LUTIM — Satu lagi prestasi yang ditorehkan oleh Desa Balantang, Kecamatan Malili di penghujung Tahun 2022 ini. Ialah penghargaan Program Kampung Iklim (Proklim) kategori Madya dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK). Desa Balantang Kecamatan Malili merupakan satu-satunya desa yang ada di Kabupaten Luwu Timur yang berhasil menerima penghargaan tersebut.

Penghargaan ini diserahkan oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup, Umar Hasan Dalle kepada Kepala Desa Balantang, Musakkir Laiming, pada rapat terkait Kampung Iklim (ProKlim), di Aula Rapat Adipura DLH, Kamis (15/12/2022).

ADVERTISEMENT

Proklim merupakan ajang penilaian berskala nasional yang diadakan oleh KLHK dalam rangka meningkatkan partisipasi masyarakat, pemerintah, maupun perusahaan dalam melakukan penguatan kapasitas terkait kegiatan adaptasi dan mitigasi perubahan iklim.

Ajang penilaian ini ditujukan untuk Desa/Kelurahan yang telah melaksanakan kegiatan pengelolaan lingkungan sebagai bentuk adaptasi dan mitigasi terhadap perubahan iklim.

ADVERTISEMENT

Kepala Desa Balantang, Musakkir Laiming yang dikonfirmasi, Jumat (16/12/2022) menjelaskan, mendapatkan penghargaan ini adalah bentuk keikutsertaan masyarakat yang ingn melibatkan diri sebagai bentuk kepedulian dan ingin berinovasi terhadap perubahan iklim yang berubah setiap waktu.

“Menjadi Salah satu Desa yang mendapatkan penghargaan ini membuat kami ingin terus maju dan berdaya saing demi kepentingan bersama di Kabupaten Luwu Timur,” kata Kades Balantang. “Tidak ada yang tidak mungkin jika kita ingin bergerak bersama. Bukan kah budaya gotong royong di Bumi Batara Guru merupakan budaya kita, maka ayo kita bergerak bersama bangun bangsa dan daerah ini melalui pinggiran atau desa, yang akan kami mulai dari Desa Balantang,” jelas Musakkir Laiming. (rls/roy)

ADVERTISEMENT

 

ADVERTISEMENT