Detik-detik Menuju 14 Februari 2024, Tegang di Masa Tenang

31
ADVERTISEMENT

PALOPO — PESTA demokrasi tinggal dua hari lagi. Pemilu akan dihelat pada Rabu 14 Februari 2024, lusa. Saat ini masuk masa tenang. Kendati masa tenang namun, saat ini merupakan hari dimana para calon legislatif tegang. Sebab, kerja-kerja politik selama beberapa bulan terakhir akan ditentukan. Apakah terpilih atau menjadi caleg gagal.

” Terus terang, ini masa-masa tegang. Sebab, apa yang kita perjuangkan selama ini akan nampak hasilnya di pencoblosan hari Rabu nanti,” kata salah seorang caleg yang enggan disebut namanya. Namun, sikap berbeda ditunjukkan caleg Nasdem Palopo Dapil 3 Kecamatan Mungkajang, Kecamatan Wara Barat, dan Kecamatan Sendana, Yanti Anwar. Ia mengaku tetap tenang jelang pencoblosan.

ADVERTISEMENT

” Saya optimis, ikhtiar dan perjuangan kita selama ini akan membuahkan hasil positif. Saya mengimbau kepada seluruh relawan, kerabat, keluarga dan simpatisan, untuk tetap menjaga kebersamaan di ujung perjuangan ini. Insya Allah, apa yang kita perjuangkan akan terwujud,” katanya saat dihubungi, Minggu (11/02/2024).

Diketahui, jumlah caleg yang akan bertarung memperebutkan 25 kursi di DPRD Palopo sebanyak 271 orang. Mereka tersebar di sejumlah partai di Empat Daerah Pemilihan. Sementara itu, Bawaslu Kota Palopo menggelar apel siaga pengawasan masa tenang Pemilu 2024 yang diselenggarakan di lapangan Pancasila Kota Palopo, Sabtu (10/2/2024). Ketua Bawaslu Kota Palopo, Khaerana, dalam amanatnya mengatakan, saat ini telah memasuki hari terakhir kampanye dan akan memasuki masa tenang.

“Dalam hitungan jam kita akan memasuki masa tenang, tapi tentunya bukan masa tenang buat kita pengawas, kita semua akan melakukan pengawasan aktifitas pelanggaran pemilu, salah satunya ialah politik uang,” kata Khaerana. Khaerana mengatakan, aparat keamanan akan selalu siaga mendampingi untuk melakukan tugas pengawasan di masa tenang. “Tanggal 14 Februari 2024 merupakan tahapan puncak, di mana hari yang ditunggu
oleh seluruh peserta pemilu,” ujarnya.

“Karena sudah akan nampak siapa yang akan menjadi pemenang. Semoga Kota Palopo menjadi kota yang aman, damai dan tentram,” tukasnya. Kapolres Palopo, AKBP Safi’i Nafsikin, mengatakan, pihaknya telah membentuk satgas money politic yang terdiri dari kerinci penegakan hukum dan kerinci dari intelijen. “Sebanyak 10 personil kita siapkan di mana akan fokus kepada sasaran waktu yaitu pada saat hari pemungutan suara dan pada
saat kampanye,” katanya.

Selain itu juga, kata Safi’i, Polres Palopo telah menerima arahan melaksanakan pembentukan Satuan Tugas Penegakan Hukum Terpadu (Satgas Gakkumdu). “Kita juga sudah menerima intruksi seragam terkait netralitas polri dalam Yanmas Bidgakkum pada pemilu tahun 2024,” ujarnya.

Dalam rangka mengawal pemilu tahun 2024, kata Safi’i, Polres Palopo memiliki 6 Satgas diantaranya Satuan Tugas Preemtif, Satuan Tugas Preventif, Satuan Tugas Kamseltibcarlantas, Satuan Tugas Gakkum, Satuan Tugas Kehumasan, dan Satuan Tugas Bantuan Operasi. “Terkait upaya ini polres Palopo telah melakukan beberapa kegiatan Satgas Preventif, melakukan pemantauan di beberapa wilayah yang dianggap rawan,” jelasnya. (*)

ADVERTISEMENT