Haidir Basir Ajak Relawan PMI Bekerja Ikhlas Demi Kemanusiaan

147

PALOPO — Demi meningkatkan wawasan dan pengetahuan para pengurus dan jajarannya di setiap kecamtan, Palang Merah Indonesia (PMI) Cabang Palopo menggelar orientasi kepalangmerahan Pengurus PMI Kecamatan se kota Palopo yang dilaksanakan di ruang rapat kantor PMI Cabang Palopo, Kamis (7/11/2019).

Hadir dalam acara ini Ketua PMI Cabang Palopo, Haidir Basir, Wakil Ketua Bidang Relawan PMI Cabang Palopo, Andi Taufik, Ketua dan Sekretaris dari setiap kecamatan dan para pengurus PMI Cabang Palopo lainnya.

Ketua PMI Cabang Palopo, Haidir Basir kepada Koran SeruYA mengatakan bahwa dalam kegiatan orientasi ini ada beberapa materi praktis yang diberikan kepada para peserta pengurus kecamatan yakni Undang Undang Kepalangmerahan, anggaran dasar dan rumah tangga yang bermanfaat bagi pengurus. ” Nantinya mereka akan mengabdi bagi masyarakat untuk itu perlu dibekali ilmu dan wawasan terkait dengan kepalangmerahan,” ujar Haidir Basir.

Lebih lanjut ditambahkan Haedir Basir, kepada para pengurus di setiap kecamatan agar nantinya dalam mengabdikan diri senantiasa bekerja secara iklas dan tidak mencampurkan unsur politik ke dalam orginasasi ini, karena organisasi palang merah adalah organisasi kemanusian yang harus dijaga oleh setiap negara.

Sementara itu Aswin (Opa Dheny) yang menjadi pemateri dalam kegiatan ini adalah Koordinator Pusat Forkom Relawan PMI Tingkat Nasional yang juga merupakan diseminator kepalangmerahan.

Dheny menjelaskan bahwa,” Kegiatan ini sangat penting untuk setiap komponen PMI agar ke depan bisa menjadi bagian utama pada setiap aksi kemanusiaan di wilayahnya, minimal sebagai fasilitator sehingga memudahkan akses informasi maupun distribusi bantuan,” jelasnya.

PMI Cabang Palopo kini menyiapkan 7 orang pengurus di setiap kecamatan yang terdiri dari ketua, sekertaris, bendahara dan 4 orang anggota. Dimana dalam orientasi ini diharapkan pihak ketua dan sekertaris yang hadir bisa menyosialisasikan wawasan dan pengetahuan terkait dengan kepalangmerahan yang didapatkan dari orientasi ini. (Jun)