Dibina Dispertanakbun Palopo, Dua KWT Lakukan Panen Perdana

195
Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Dispertanakbun) Kota Palopo melakukan panen perdana di dua Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Timur, Rabu (16/03/2022). (ist)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Dispertanakbun) Kota Palopo melakukan panen perdana di dua Kelompok Wanita Tani (KWT) yang ada di Kelurahan Pontap, Kecamatan Wara Timur, Rabu (16/03/2022).

Panen Perdana yang dihadiri Ketua Tim Pengerak PKK Kota Palopo, kepala Dinas Pertanian Pertanian, Camat Wara Timur, Lurah se-Kecamatan Wara Timur, Kepala BPP dan para penyuluh serta ketua RT RW Se-Wara Timur.

Kepala Dispertanakbun, Ibnu Hasyim mengatakan panen perdana sayuran itu merupakan hasil kerjasama KWT dan Dasawisma Kelurahan Pontap. Ibnu Hasyim mengaku konsisten melakukan pembinaan bekerjasama dengan camat beserta lurah, dan melibatkan RT/RW.

Selain itu dia menyebut pembinaan yang mereka lakukan untuk memanfaatkan pekarangan dan lahan kosong untuk dikembangkan menjadi lahan yang produktif.

ADVERTISEMENT

“Ini adalah buah kolaborasi yang dilakukan KWT dan Daswisma, dimana pembinaan yang kami lakukan bekerjasama dengan camat, lurah hingga RT dan RW. Tujuannya, guna pemanfataan pekarangan dan lahan yang kosong untuk dikembangkan menjadi lahan produktif untuk memberi motivasi serta membangun kegiatan masyarakat dimasa pandemi,” kata Ibnu.

Tak hanya itu, Ibnu menambahakan hasil panen yang dilakukan kedua KWT itu nantinya akan dikonsumsi para anggota KWT dan masyarakat setempat.

“Sayuran yang dihasilkan adalah sayuran sehat dan bebas pestisidasi, sehingga dikomsumsi aman dari pestisida,” tambahnya.

Ibnu, berharap dapat terus melakukan pendampingan dan pembinaan ke KWT dan Dasa Wisma agar dapat mengembangkan produksi KWT. Pendampingan yang dilakukan oleh dinas pertanakbun diantaranya, pemberian bibit dan sarana prasarana serta dukungan para penyuluh beserta komponen kewilayahan.

“Kami berharap PKK dilibatkan agar, program dan kegiatan dapat berjalan dengan lancar,” pungkasnya. (hwn/liq)

ADVERTISEMENT