Dibuang dalam Kardus, Bayi Perempuan yang Ditemukan di Walenrang Masih Dirawat di Puskesmas…. Banyak Warga Berminat Adopsi

223
Bayi perempuan ditemukan dalam kondisi hidup dalam sebuah kardus di Dusun Jaya, Desa KalibammaseWalenrang, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (11/6/2024) pagi, hingga saat ini masih dirawat di Puskesmas Walenrang. Kondisi bayi malang itu sehat, namun masih butuh perawatan medis.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Bayi perempuan ditemukan dalam kondisi hidup dalam sebuah kardus di Dusun Jaya, Desa KalibammaseWalenrang, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan, Selasa (11/6/2024) pagi, hingga saat ini masih dirawat di Puskesmas Walenrang. Kondisi bayi malang itu sehat, namun masih butuh perawatan medis.

Bayi tersebut ditemukan dalam sebuah kardus yang disimpan di bagian atas sebuah gerobak jualan milik warga setempat. Warga yang menemukan bayi tersebut awalnya curiga karena mendengar tangisan bayi. Setelah dicari sumber tangisan bayi tersebut, ternyata berasal dari sebuah gerobak jualan minuman milik warga.

ADVERTISEMENT

Nah, setelah gerobak diperiksa, dibagian atas gerobak tersebut terdapat sebuah kardus. Warga kemudian menurunkan kardus tersebut. Dalam kardus tersebut ditemukan sosok bayi yang masih berlumuran darah dan lengkap ari-ari.

Penemuan bayi malang tersebut telah ditangani polisi. Bahkan, saat ini, pihak Kepolisian dari Polsek Walenrang menyelidiki pelaku pembuangan bayi tersebut.

ADVERTISEMENT

“Iya, sementara bayi dirawat di Puskesmas Walenrang. Untuk kepentingan penyelidikan orangtua bayi itu, kami berkoordinasi dengan sejumlah pihak, termasuk Kades Kalibammase,” kata Kapolsek Walenrang, AKP Idul.

Menurut AKP Idul, banyak warga yang menghubungi pihaknya untuk mengadopsi bayi tersebut. “Banyak yang mau adopsi, ada bidan dan perawat di Puskesmas Walenrang yang telah lama menikah tapi belum diberi keturunan, ada juga istri polisi, termasuk pengusaha,” aku AKP Idul.

ADVERTISEMENT

Namun katanya, terkait siapa yang akan mengadopsi bayi tersebut, bukan menjadi kewenangan pihaknya. Bayi tersebut juga sudah ditangani Dinas Sosial Kabupaten Luwu.

Sebelumnya diberitakan, warga Dusun Jaya, Desa Kalibammase, Kecamatan Walenrang, Kabupaten Luwu, Provinsi Sulsel, geger. Salah seorang warga setempat bernama Olga Saputra menemukan bayi perempuan yang diduga dibuang ibunya setelah dilahirkan, Selasa (11/6/2024) pagi, sekitar pukul 10:30 Wita.

Bayi berjenis kelamin perempuan itu kini dalam perawatan medis di Puskesmas Walenrang. Saat ditemukan, ari-ari bayi tersebut belum terlepas. Polisi menduga jika bayi malang itu dibuang ibunya beberapa saat setelah dilahirkan.

“Bayi ini saya temukan dalam kondisi masih berlumuran darah dan ari-arinya masih ada,” ujar Olga Saputra kepada pihak kepolisian.

Menurut dia, bayi yang memiliki berat 3,.1 Kg dan panjang badan 48 centimeter itu sudah dirawat di Puskesmas Walenrang. “Bayinya masih hidup, sudah dirawat di puskesmas,” katanya. (***)

ADVERTISEMENT