Dibuka Menteri Agama RI, IAIN Palopo Ikuti Pembukaan Pesona I PTKN

54
Warek III IAIN Palopo, Dr Muhaemin, Rektor IAIN Palopo, Prof Abdul Pirol dan Dosen IAIN Palopo, Hamza Hasan. (Dok. IAIN Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO – Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas resmi membuka even Pekan Seni dan Olahraga (Pesona) I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri (PTKN) tahun 2022, Selasa (09/08/2022).

Pembukaan Pesona diselenggarakan di kampus II UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Rektor IAIN Palopo, Prof Dr Abdul Pirol, Wakil Rektor III, Dr Muhaemin beserta kontingen IAIN Palopo turut hadir dalam kegiatan itu.

ADVERTISEMENT

Pembukaan tersebut juga dihadiri Direktur Jenderal Direktorat Jenderal Pendidikan Agama Islam Prof H Muhammad Ali Ramdhani, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Kemenag Republik Indonesia Prof Suyitno, Kepala Kepolisian Daerah Jawa Barat, Irjen Suntana dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof H Mahmud, menyampaikan bahwa kegiatan Pesona merupakan gelaran pertama yang diikuti perwakilan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Negeri, Perguruan Tinggi Keagamaan Kristen, Hindu, dan Buddha dengan total peserta mencapai 3549 peserta.

ADVERTISEMENT

Pesona I Bandung akan dilaksanakan selama lima hari dimulai Senin hingga Sabtu (8-13 Agustus 2022). Kegiatan itu dipusatkan di Kampus I, II UIN Bandung dan Lapangan Progresif. Adapun jumlah yang akan diperlombakan sebanyak 22 cabang yang terdiri 12 bidang seni dan 10 pertandingan olahraga.

Dalam pidato sambutan acara, Menteri Agamamenyatakan apresiasinya atas terlaksananya even besar pertama yang melibatkan 61 Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri di Indonesia. Yaqut menyampaikan pertandingan olahraga merupakan pertandingan prestasi, bagi siapa yang menguasai permainan maka peluang untuk menang semakin besar.

Dalam kesempatan tersebut, ia juga mengungkapkan harapannya agar Pesona dapat terus dilanjutkan. “Pesan saya even ini jangan sampai putus, apalagi sudah ada piala bergilirnya,” kata Yaqut.

Prof Abdul Pirol kembali mengingatkan agar para atlet dan official IAIN Palopo terus berjuang menampilkan yang terbaik tanpa mengesampingkan sportivitas.

Sementara itu Wakil Rektor III, Dr Muhaemin menegaskan kepada para atlet tetap optimis dan percaya diri mengikuti lomba, “Semangat para atlet tetap optimis dan percaya diri, ingat pesan Rektor bertanding sportivitas dan jangan meremehkan lawan,” pesan Muhaemin.

Selain itu, Muhaemin juga mengingatkan kehadiran di UIN Bandung dimanfaatkan dengan baik seperti bersilaturahmi, kenal mengenal sesama PTKN lain. (eky)

ADVERTISEMENT