Didampingi Ayahandanya, Begini Perkembangan Arham Darmawan, Striker Asal Mappedeceng Luwu Utara Saat Mengikuti Seleksi Timnas U-16 di Jakarta

5148
ADVERTISEMENT

JAKARTA–Sejak Kamis, 22 April 2021 lalu, pesepakbola asal Cendana Putih Mappedeceng Luwu Utara ini berada di Jakarta untuk mengikuti seleksi Timnas U-16.

Muh Arham Darmawan, siswa kelas III SMPN 1 Mappedeceng itu bersama ayahnya, Riko Darmawan sudah tiga hari ini mengikuti tahapan seleksi yang dipusatkan di lapangan Senayan D, Jakarta Pusat.

ADVERTISEMENT

Saat dihubungi Koran Seruya, via telepon, Minggu petang, (25/4), sang ayah mengatakan jika seleksi ini telah dilalui Arham, putra sulungnya dengan cukup baik.

Riko berharap, Arham bisa menjadi kebanggaan Luwu Utara di kancah sepakbola Nasional kelak.

ADVERTISEMENT

“Syukur Alhamdulillah kami sejak berada di Jakarta tak mengalami kendala, Arham juga cukup fit menjalani seleksi meski harus berpuasa, namun sekali lagi kami bersyukur, semua lancar-lancar saja, pihak PSSI juga sangat baik, jadi kami merasa enjoy selama mengikuti seleksi,” ujar sang Ayah.

Selama mengikuti proses seleksi, pemain diajarkan disiplin, kerjasama dan kekompakan, jadi suasananya penuh kekeluargaan, imbuh sang Ayah.

Arham, dan ratusan orang yang mengikuti seleksi tersebut dibawah bimbingan Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti, sedangkan untuk kiper dilatih oleh Markus Horison.

“Insha Allah kami tetap optimis dan selalu berdoa agar Arham dibukakan jalan menuju Pemain Timnas usia muda. Kemarin Alhamdulillah, Arham sempat mencetak gol saat mengikuti game, mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat utamanya di Tana Luwu,” pinta Riko yang meninggalkan aktivitas kesehariannya di Mappedeceng, demi mengawal sang buah hatinya mengikuti tahapan seleksi tersebut.

Seleksi Hingga 2 Mei Mendatang

Seleksi Timnas Indonesia untuk menyambut Piala AFF sudah digelar sejak 21 April lalu, rencananya sampai 2 Mei mendatang.

Di bawah pengawasan Pelatih Timnas U-16 Bima Sakti, seleksi digelar di Lapangan D, Senayan, Jakarta. Adapun seleksi kali ini adalah baru sesi pertama karena rencananya akan digelar sampai lima sesi.

Ketiadaan kompetisi kelas usia membuat PSSI memilih untuk menggelar seleksi Timnas U-16. Ratusan pemain pun diundang untuk dilihat kemampuannya.

“Saya dan tim kepelatihan melakukan pantauan langsung di tingkat regional. Dari Asosiasi Kabupaten (Askab), Asosiasi Kota (Askot), hingga Asosiasi Provinsi (Asprov),” kata Direktur Teknik PSSI Indra Sjafri dalam pernyataannya di laman federasi.

“Kami akan melakukan lima sesi dan ini adalah yang pertama dan saya terkejut melihat pemain-pemain, mereka sangat antusias dan bisa menunjukkan performa terbaik,” ujar Bima Sakti.

Selain Piala AFF, tak ada lagi kejuaraan yang digelar untuk kelompok timnas di rentang usia U-15 hingga U-16.

Piala Asia U-16 yang sedianya digelar 2020 lalu ditunda ke 2021, akhirnya ditiadakan dan digeser ke 2023.

Piala AFF U-15 menjadi satu-satunya ajang yang akan terlaksana tahun ini. Itupun dengan catatan tak ada penundaan atau pembatalan, seperti dikutip dari laman DetikSport.

Tonton Videonya DISINI:

(iys)

 

ADVERTISEMENT