Didik Siswa Bersedekah Sejak Dini, SMP Negeri 2 Palopo Siapkan Paket Sembako untuk Panti Asuhan

143
ADVERTISEMENT

PALOPO – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Palopo, mulai melaksanakan kegiatan amaliah ramadan. Kegiatan ini dilakukan secara bertahap berdasarkan tingkatan kelas.

Pekan pertama dimulai tanggal 27 maret 2023 lalu yang diikuti oleh kelas 9, minggu kedua kelas 8 dan ditutup minggu ketiga tanggal 15 april 2023 mendatang oleh kelas 7.

ADVERTISEMENT

Untuk pelaksaannya di pusatkan di dua lokasi, bagi siswa siswi yang beragama Islam ditempatkan di Mushollah sekolah, sementara untuk siswa non muslim di pusatkan di ruang kelas bagian depan sekolah.

Para siswa juga dilatih untuk lebih meningkatkan kepedulian terhadap sesama, dengan mendidik mereka bersedekah sejak dini. Apalagi ramadan merupakan momen untuk lebih meningkatkan pahala.

ADVERTISEMENT

Pihak sekolah, mengarahkan siswa siswinya untuk menyisipkan sedikit rezekinya berupa sembako ( beras, indomie, telur ), untuk di kumpulkan di sekolah.

Tidak hanya itu, para siswa juga mengisi kegiatan amaliah ramadan ini diawali dengan salat dhuha berjamaah, dilanjutkan dengan materi ceramah dari pembimbing, tadarrusan dan diakhiri dengan sholat dzuhur secara berjamaah.

ADVERTISEMENT

SMP Negeri 2 Palopo menjadwalkan akan melakukan angjangsana ke salah satu panti asuhan yang ada di kota palopo dari hasil yang telah dikumpulkan sebelumnya oleh para siswa.

Kegiatan itu akan dilaksanakan pada saar penutupan amaliah ramadan. Demikian dikatakan Kepala SMP Negeri 2 Palopo, Haerul kepada Koran Seruya.

“Bagi siswa siswi yang bisa membawa atau menyumbangkan seperti indomie, telur, dan beras bisa dibawa ke sekolah, dan alhamdulillah beberapa hari ini sya liat sudah ada terkumpul di pematerinya masing-masing,” ujarnya.

“Ini sumbangan yah bukan tagihan, sesuai kemampuan siswa, 1 liter bahkan 1 gelas beras, bukan berarti kita memaksa mereka, jika anak-anak kita mau membawa yah alhamdulillah kalau tidak juga tidak apa-apa,” pungkasnya. (Nad)

ADVERTISEMENT