Didirikan 2021 dan Tak Dipungut Biaya, TPA Idaman Kelurahan Dangerakko Palopo Miliki 50 Santri

85
ADVERTISEMENT

PALOPO — Kelurahan Dangerakko mendirikan Taman Pendidikan Al-Qur’an Idaman. Lurah Daengerakko, Kota Palopo, Adhy Dewantara mengungkapkan Taman Pendidikan Al-Qur’an ini dibentuk sejak April 2021 yang merupakan inisiatif bersama pengurus kampung KB idaman kelurahan Dangerakko.

Hal itu karena TPA merupakan salah satu syarat dan kriteria dari kampung KB. “Awalnya kami merenovasi ruang kosong yang sudah tidak terpakai, kami mengajak beberapa rekan dan Alhamdulillah ada yang tergerak hatinya untuk memperbaiki ruangan sehingga dapat digunakan untuk proses pembelajaran Al-Qur’an,” Ungkap Adhy.

ADVERTISEMENT

Sementara itu penyuluh KB, sekaligus ketua Taman Pendidikan Al-Qur’an, Sitti Jumiati menjelaskan pada awal berdirinya TPA Idaman Dangerakko ditujukan untuk anak-anak yang berdomisili disekitar kantor kelurahan yang dimulai dengan 10 santri dan dua tenaga pendidik.

Seiring berjalannya waktu banyak peserta didik yang berasal dari kelurahan lain tertarik masuk TPA Idaman Dangerakko. Saat ini tercatat jumlah santri aktif sebanyak 50 anak didik dengan empat tenaga pendidik yang telah mendapat SK dari Kesra.

“Peserta didik tidak dipungut biaya pendidikan mengaji namun sifatnya hanya keikhlasan dari orang tua sesuai kemampuan karena niat kami tulus mengajar tanpa mengharap imbalan. TPA ini dibuka pada pukul 14:30-17:00 Wita yang dimulai dengan tugas menghafal doa sehari-hari dan dibagi tugas menjadi imam dan membawakan Adzan, proses mengaji dilakukan setelah Sholat Ashar,” ungkapnya.

Di sela-sela kesibukannya sebagai penyuluh KB kelurahan Dangerakko, Jumiati mengaku aktivitasnya sebagai guru mengaji tidak menghalangi tugas dan kewajiban utama sebagai penyuluh KB.

ADVERTISEMENT

Terbukti sepanjang tahun 2022 dirinya mengaku telah melayani sekitar 200 Akseptor KB baru sehingga hampir seluruh masyarakat Dangerakko telah mengikuti program KB. Dirinya pun berterima kasih serta mengapresiasi atas perhatian, kerjasama dan kesempatan yang diberikan Lurah Dangerakko dalam rangka mendukung pendidikan Al-Qur’an bagi anak. Dia berharap agar TPA di kelurahan Dangerakko tetap berlanjut dan terus berkembang. (mic)

ADVERTISEMENT