Digadang-gadang jadi Pendamping Budiman, Puspawati: Jika Itu Amanah dari Rakyat, Saya Siap

1037
ADVERTISEMENT

LUTIM – Istri almarhum HM Thoriq Husler, Puspawati Husler diwacanakan akan menjadi Wakil Bupati Luwu Timur, mendampingi Budiman yang secara otomatis akan dilantik menjadi Bupati nantinya.

Seperti diketahui, KPU Kabupaten Luwu Timur telah menetapkan pasangan HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (Husler-Budiman), sebagai pemenang Pilkada Luwu Timur 2020.

ADVERTISEMENT

Keputusan tersebut, usai Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia menolak permohonan paslon Bupati dan Wakil Bupati Luwu Timur nomor urut 2, Irwan Bachri Syam-Andi Muh Rio Patiwiri (IBAS-RIO).

Keputusan tersebut dibacakan Ketua MK RI, Anwar Usman yang bertindak sebagai ketua majelis hakim dalam sidang pengucapan putusan atau ketetapan, lalu.

ADVERTISEMENT

Menanggapi wacana tersebut, Puspawati Husler menyatakan jika dirinya siap mendampingi Budiman sebagai wakil bupati. Namun katanya, kesiapan itu jika saja mayoritas masyarakat Luwu Timur memberikan amanah itu kepadanya.

“Jika itu sebuah amanah dari mayoritas warga Luwu Timur, maka saya siap mengemban tanggung jawab sebagai wakil bupati. Sebaliknya, jika hanya untuk mengejar kekuasaan mendingan tidak, lebih baik saya urus anak-anakku,” katanya.

ADVERTISEMENT

Puspa mengaku, sudah banyak masyarakat datang mempertanyakan apakah dirinya siap dan bersedia untuk menjadi Wakil Bupati Luwu Timur. Ia juga banyak didorong agar mau menjadi wakil bupati. “Maka, saya sampaikan jika itu sebuah amanah dari rakyat, maka saya selalu siap untuk posisi wakil bupati,” katanya.

Meskipun demikian, Puspa mengatakan parpol pengusung Husler-Budiman punya hak untuk menentukan atau mendorong orang-orang mereka untuk posisi 02 di Luwu Timur.

“Yang penting sekarang kita harus tetap merajut jalinan kekeluargaan, tetap memupuk kebersamaan, membangun komunikasi yang harmonis disemua lapisan masyarakat dan melanjutkan agenda pembangunan yang ada dalam visi misi Husler-Budiman,” pungkas Puspati Husler

Berdasarkan hasil rekapitulasi dari KPU Luwu Timur yang berlangsung dari 16-17 Desember 2020 di kantor KPU Luwu Timur.

Paslon nomor urut 1, Thorig Husler-Budiman meraih 86.351 suara atau menang suara atas paslon nomor urut 2, IBAS-RIO yang meraih 77.228 suara.

Adapun parpol pengusung Husler-Budiman yaitu Golkar (7 kursi), Gerindra (4 kursi), PAN (4 kursi), PDIP (3 kursi) Hanura (3 kursi), PKB, PBB dan PKS masing-masing 1 kursi.

(Rah)

Berikut profil singkat Puspawati Husler:

Nama lengkap: Dra Hj Puspawati
Tempat/Tanggal Lahir: Payangkalang, 8 Maret 1967
Alamat Rumah : Jl.Sam Ratulangi, Desa Puncak Indah, Kecamatan Malili, Luwu Timur

Pendidikan Umum:
– SD Negeri Matoto Lulus Tahun 1980
– SMP Negeri 1 Masamba Lulus Tahun 1983
– SMA Negeri 1 Masamba Lulus Tahun 1987
– S1 Universitas Veteran Republik Indonesia Tahun 1993

Nama suami: Ir H Muh Thorig Husler
Anak:
– Bangkit Reformansyah P
– Andrian Lutranda H
– Muh Satri Alfath
– Muh Gibran Ananta
– Ade Resky Mu’afah

Riwayat jabatan
– Bidang ketahanan dan kesejahteraan keluarga Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Luwu Timur (2016)
– Kabid Keluarga Sejahtera Badan KB dan KS Luwu Timur (2008)
– Kasubag Umum dan Kepegawaian Dinas Kesehatan Luwu Timur (2006)
– Kepala Sub Program dan Keuangan pada bagian tata usaha Dinas Keaehatan Luwu Timur (2004)
– Ketua TP PKK Luwu Timur

ADVERTISEMENT