Digelar Gratis, 70 Anak Ikut Khitan Massal Modern di Pince Pute Lutra

33
Wakil Bupati Luwu Utara (Lutra), Suaib Mansur meninjau pelaksanaan khitanan massal yang diadakan Pemerintah Desa Pince Pute, Kecamatan Malangke, Minggu (19/6/2022) lalu. Khitan menggunakan teknologi modern ini diikuti tidak kurang dari 70 anak.
ADVERTISEMENT

MASAMBA–Wakil Bupati Luwu Utara (Lutra), Suaib Mansur meninjau pelaksanaan khitanan massal yang diadakan Pemerintah Desa Pince Pute, Kecamatan Malangke, Minggu (19/6/2022) lalu. Khitan menggunakan teknologi modern ini diikuti tidak kurang dari 70 anak.

Kegiatan Khitanan Massal modern ini terselenggara atas kerja sama Pemerintah Daerah Luwu Utara, Pemerintah Desa Pince Pute, Komunitas Khitan Lem Nusantara (KLN), Persatuan Perawat Nasional Indonesia (PPNI) Luwu utara, dan Dinas Kesehatan Luwu Utara.

Wakil Bupati Suaib Mansur yang ikut melihat langsung proses khitanan dengan teknologi modern ini, menyampaikan apresiasi atas penyelenggaran kegiatan tersebut.

“Kegiatan ini tentu sangat bermanfaat. Kita perlu mengapresiasinya, sebab salah satu fitrah kita sebagai manusia adalah, selain bagaimana bisa bermanfaat bagi diri sendiri, juga yang terpenting adalah kita dapat hadir memberi manfaat kepada orang lain,” kata Suaib.

ADVERTISEMENT

Suaib menambahkan, kegiatan ini adalah bentuk positif partisipasi hadirnya komunitas yang peduli dalam peningkatan derajat kesehatan.

“Perkembangan zaman tentu juga menyajikan SDM serta teknologi yang juga berkembang, khususnya dalam pelaksanaan khitan kepada anak-anak kita,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap proses khitan dengan teknologi modern ini dapat memberi manfaat bagi anak-anak yang akan dikhitan, utamanya menghilangkan trauma ketakutan.

“Harapannya adalah, dengan metode terbaru yang digunakan ini, kegiatan khitanan massal seperti ini dapat menghilangkan trauma bagi anak-anak kita,” harap dia.

“Selaku pemerintah, kami mengucapkan terima kasih dan apresiasi atas dedikasi yang dilakukan. Semoga bisa memberi manfaat kepada masyarakat Luwu Utara,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Desa Pince Pute, Mail Andi Baharuddin, tak lupa juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemda Luwu Utara yang telah memfasilitasi kegiatan ini, sehingga kegiatan Khitanan Massal ini dapat hadir di Desa Pince Pute.

“Diketahui metode khitan modern seperti ini biayanya cukup mahal, namun atas perhatian pemerintah daerah berkolaborasi dengan KLN dan PPNI, sehingga masyarakat kami dapat memperolehnya dengan gratis,” kata Mail.

“Sekali lagi, selaku Kades Pince Pute, sekaligus mewakili seluruh masyarakat, menyampaikan terima kasih yang tak terhingga dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Pemda Luwu Utara, KLN dan PPNI Luwu Utara,” pungkasnya. (LH/hms)

ADVERTISEMENT