Dihadapan Ratusan Ribu Orang, Wakil Ketua Gerinda Sulsel Salah Baca Teks Sumpah Pemuda

51
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Wakil Ketua DPD Gerindra Sulawesi Selatan (Sulsel) Najmuddin salah membaca teks saat memimpin ikrar Sumpah Pemuda dalam acara jalan sehat. Terkait itu, Najmuddin mengaku terlalu bersemangat sehingga tak sadar dirinya salah. “Terlalu semangat, berkat hati terlalu senang jadi salah,” kata Najmuddin saat dikonfirmasi usai pembacaan ikrar Sumpah Pemuda di acara jalan sehat Gerindra Sulsel di Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Minggu (29/10/2023).

Najmuddin mengakui dirinya salah saat membacakan ikrar Sumpah Pemuda. Dia pun memohon agar kesalahan itu dikoreksi. “Mohon bantuannya dan koreksinya agar bisa bersama menang,” ujar Najmuddin.

ADVERTISEMENT

Diketahui, kesalahan pembacaan ikrar Sumpah Pemuda itu terjadi saat acara jalan sehat Gerindra Sulsel yang disebut diikuti 500.000 peserta. Acara ini sedianya dihadiri oleh capres-cawapres Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka, namun batal.

Najmuddin awalnya dipersilakan oleh MC untuk memimpin pembacaan ikrar Sumpah Pemuda. Semula Najmuddin lancar membacakan bait pertama dan kedua dengan membaca teks yang dipegangnya. Kesalahan kemudian terjadi ketika Najmuddin membaca bait ketiga ikrar Sumpah Pemuda. Pada bait ketiga, Najmuddin mengucapkan kata ‘bangsa’ yang seharusnya ‘bahasa’.

“Kami putra dan putri Indonesia menjunjung bahasa persatuan, bangsa Indonesia,” kata Najmuddin dengan suara lantang. Namun hal tersebut rupanya tak disadari oleh Najmuddin. MC kemudian pun melanjutkan acara jalan santai tersebut. (*)

ADVERTISEMENT