Diikuti 48 Peserta, IKA MAN 2 Makassar Gelar Pelatihan Korespondensi

38
ADVERTISEMENT

MAKASSAR – Ikatan Alumni (IKA) MAN 2 Makassar menggelar pelatihan korespondensi secara daring (online), Sabtu (10/7/2021). Kegiatan ini merupakan salah satu program kerja dari pengurus IKA MAN 2 Makassar Periode 2018—2021.

Hal ini diungkapkan oleh Syahrial Yuzdiansyah atau yang biasa disapa Riyal, Ketua Umum IKA MAN 2 Makassar. “Kegiatan ini merupakan program kerja dari pengurus dengan tujuan, untuk memberikan edukasi kepada alumni berkaitan surat-menyurat. Sebab, surat merupakan wajah bagi lembaga, instansi, organisasi, atau di sebuah perusahaan,” kata Riyal.

ADVERTISEMENT

“Tidak bisa dipungkiri, banyak instansi, kampus, sekolah, dan lembaga, selalu mengutamakan akreditasi yang bagus. Artinya, Sumber Daya Manusia yang unggul, sebaiknya berbanding lurus dengan kualitas administrasi institusi atau lembaga. Kami menganggap, surat merupakan paling fundamental dalam hal administrasi sehingga dalam kegiatan ini kami mengangkat tema, Tertib Administrasi: Menuju SDM Unggul,” sambungnya.

Riyal juga menambahkan bahwa pelatihan ini sebagai penyulut, yang nantinya diharapkan para peserta mampu mengembangkan model persuratan melalui peraturan kementerian.

ADVERTISEMENT

Peserta yang terlibat, tidak hanya dari Sulawesi, namun dari daerah Jawa seperti Yogyakarta dan Malang. Hal ini diungkapkan oleh Ketua Panitia, M. Nurhidayat.

“Peserta yang hadir dalam acara Pelatihan Korespondensi ini sebanyak 48 peserta, target awal kami dari panitia pada acara pelatihan ini sebenarnya adalah maksimal 30 peserta, tujuannya agar pelatihan ini berjalan optimal dengan memperbanyak interaksi antara peserta dan fasilitator. Di luar ekspektasi kami, peserta yang mendaftar pada pelatihan ini sebanyak 72 peserta, baik alumni MAN 2 Makassar maupun yang bukan alumni, bahkan ada pula peserta yang berasal luar Sulawesi, yakni dari Malang dan Yogyakarta,” katanya.

ADVERTISEMENT

Yang menjadi pembicara/fasilitator dalam kegiatan ini adalah Andi Karman, dosen Bahasa Indonesia di Universitas Cokroaminoto Palopo/Mahasiswa S-3 Pendidikan Bahasa dan Sastra Unesa, yang juga pengurus IKA MAN 2 Makassar. Selain materi berkaitan surat menyurat, Andi Karman juga mengungkapkan kesalahan-kesalahan ejaan dalam penulisan surat.

Antusias peserta sangat terlihat pada diskusi yang berlangsung. Salah satu peserta, Idham, berharap adanya Korespondensi Jilid II, hal ini berdasarkan harapan melalui presensi yang diisi, di mana salah satu poinnya berkaitan, tanggapan peserta untuk kegiatan selanjutnya. (mas)

ADVERTISEMENT