Diikuti IAIN Palopo, Mistikal Katik Toraja dan Baju Adat Rampi Warnai Opening Ceremoy Pesona I PTKN 2022 di Bandung

202
Diikuti IAIN Palopo, Mistikal Katik Toraja dan Baju Adat Rampi Warnai Opening Ceremoy Pesona I PTKN 2022 di Bandung. (Foto : Dok. IAIN Palopo)
ADVERTISEMENT

BANDUNG — Perhelatan Pekan Seni dan Olahraga Nasional I Perguruan Tinggi Keagamaan Negeri resmi dibuka Menteri Agama Republik Indonesia Yaqut Cholil Qoumas, Selasa (9/8/2022) di kampus II UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Gubernur Jawa Barat, Ridwal Kamil atau disapa Kang Emil turut hadir dalam kegiatas tersebut.

Pesona I PTKN merupakan pagelaran akbar seni dan olahraga antar mahasiswa PTKN se-Indonesia. Turut serta dalam perlombaan ini sekitar 61 PTKN dengan total 3549 peserta. Adapun cabang yang diperlombakan masing-masing 12 cabang seni dan 10 cabang olahraga.

ADVERTISEMENT

Pada Opening Ceremony ada yang unik dan mempesona, yaitu Parade Kostum Karnaval yang mengangkat tema etnic dan budaya dari seluru penjuru negeri. Parade ini menampilkan ragam baju etnic dan adat daerah asal kontingen.

Huswatun Hasanah, mahasiswa Prodi Hukum Ekonomi Syari’ah IAIN Palopo, mengenakan baju Mistikal Katik Toraja Sulawesi Selatan sembari berjalan dengan memukau para tamu undangan. Baju ini terlihat sangat indah dan estetic.

Selain itu, juga diperagakan baju adat Rampi Luwu Utara Sulawesi Selatan oleh Ilham mahasiswa Prodi Ekonomi Syari’ah dan Mutahhara Syam mahasiswa prodi Hukum Keluarga IAIN Palopo. Keduanya tampil dengan gagah dan anggun serta memberi kesan harmony kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Dalam menutup sambutannya, Menteri Yaqut berpantun “ikan hiu geter-geter, see you later,” pungkasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT