Dilapor Kampanyekan Caleg, Besok Bawaslu Lutim Periksa Komisioner KPU

1227
Rahman Atja
Rahman Atja
ADVERTISEMENT

MALILI — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Luwu Timur, bertindak tegas. Rabu (10/04/2019) besok, Bawaslu akan memeriksa Komisioner KPU Luwu Timur terkait laporan tidak netral menjalankan tugasnya sebagai penyelenggara pemilu.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Ketua Bawaslu Luwu Timur, Rahman Atja mengungkapkan laporan menyebutkan saat melakukan sosialisasi di salah satu tempat, Komisioner KPU Luwu Timur mengkampanyekan salah satu caleg provinsi dan DPR RI. Siapa caleg yang dikampanyekan, Rahman enggan menyebut.
” Kita undang untuk klarifikasi apakah benar atau tidak seperti itu. Ini untuk memperjelas kebenarannya, jangan sampai hoaks,” kata Rahman saat dihubungi via telpon, Selasa (09/04/2019).

Rahman mengungkapkan sebenarnya pemanggilan tersebut sudah lama ingin dilakukan. Namun, Bawaslu memahami kesibukan KPU melakukan sosialisasi. ” Baru besok ada kesempatannya untuk diklarifikasi,” katanya. Dia menegaskan sebagai penyelenggara pemilu, Komisioner KPU tidak boleh melakukan kampanye calon tertentu. Baik itu caleg maupun capres.

Komisioner KPU Lutim, Mulyana Mulkin mengakui pihaknya sudah menerima surat pemanggilan dan siap untuk diklarifikasi. Mulyana menegaskan selama ini sebagai penyelenggara KPU Luwu Timur tetap netral dan tidak berpihak kepada caleg tertentu. (adn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT