Dilatih TNI, 617 Siswa Baru SMKN 2 Palopo Ikuti Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila

401
Sebanyak 617 siswa baru SMKN 2 Palopo menjalankan penguatan karakter melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan materi Pelatihan Baris Berbaris (PBB) oleh TNI, Kodim 1403 Sawerigading Palopo. (Dok. SMKN 2 Palopo)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Sebanyak 617 siswa baru SMKN 2 Palopo menjalankan penguatan karakter melalui Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan materi Pelatihan Baris Berbaris (PBB) oleh TNI, Kodim 1403 Sawerigading Palopo.

Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila memberikan kesempatan bagi peserta didik untuk belajar dalam situasi tidak formal, struktur belajar yang fleksibel, kegiatan belajar yang lebih interaktif, dan juga terlibat langsung dengan lingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam Profil Pelajar Pancasila. Kegiatan itu dimulai hari Senin 18 Juli hingga 23 Juli 2022.

ADVERTISEMENT

Hal itu diungkapkan oleh Kepala Sekolah SMKN 2 Palopo Nobertinus melalui Waksek Bidang Kesiswaan Suparman. Dia mengatakan Profil Pelajar Pancasila merupakan bentuk Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024 sebagaimana tertuang dalam dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020.

“Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila adalah pembelajaran lintas disiplin ilmu untuk mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan di lingkungan sekitarnya. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis projek (project-based learning), yang berbeda dengan pembelajaran berbasis projek dalam program intrakurikuler di dalam kelas,” katanya. (ayb)

ADVERTISEMENT