Dilema Thahar Rum, Dukung Lutfhi atau RMS Untuk Duduk di Senayan

1113
ADVERTISEMENT

PALOPO — Persaingan caleg di Partai Nasdem khususnya di Dapil 3 DPR RI sangat ketat. Caleg incumbent, Luthfi Andi Mutty mendapat lawan setara. Yakni mantan Bupati Sidrap, Rusdi Masse (RMS) yang juga masih tercatat sebagai Ketua DPW Nasdem Sulsel. Yang menarik ditunggu adalah sikap Wakil Bupati Luwu Utara, Thahar Rum. Apakah akan mendukung RMS atau Lutfi untuk meraih suara di Luwu Utara agar bisa duduk di DPR RI.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Sejak beberapa bulan terakhir ini, Thahar kerap terlihat berjalan bersama Lufhi ke berbagai daerah di Luwu Utara. Kedekatan keduanya memang sejak lama terjalin. Apalagi, Lutfhi adalah salah satu tokoh dibalik kemenangan pasangan Indah – Thahar di Pilkada Luwu Utara, 2915 silam. Di saat hubungan Indah-Luthfi tak lagi harmonis, Thahar tak berubah. Ketua Nasdem Luwu Utara itu tetap menjaga hubungan dengan Lutfi.

Kamis, 24 Januari 2019 kemarin, Thahar dipanggil secara khusus oleh RMS ke kediaman Walikota Palopo. Selain membicarakan soal pilkada Luwu Utara, RMS juga membicarakan soal pilcaleg 2019. Pada kesempatan itu, RMS meminta kepada Thahar untuk maju sebagai calon Bupati Luwu Utara 2020. RMS menggaransi Partai Nasdem takkan berpaling darinya.

Tentu, Thahar bakal berpikir keras untuk menentukan arah dukungannya pada pileg. Jika salah langkah, akan sedikit mengganjal keinginannya untuk maju di pilkada mendatang. Pengaruh RMS maupun Luthfi begitu besar. Lutfi dikenal masih memiliki banyak loyalis di Luwu Utara yang dibutuhkan untuk bertarung di pilkada.

ADVERTISEMENT

Sementara RMS, berkat kedekatannya dengan Surya Paloh, punya kemampuan untuk menentukan siapa yang akan direkomendasi mengendarai Partai Nasdem. Anggota DPRD Luwu Utara asal Partai Nasdem, Rudi Hartono, mengatakan Thahar Rum mendukung dan membuka ruang kepada keduanya.

Apalagi, sesuai dengan hasil survei terakhir, Nasdem bakal merebut dua kursi DPR RI dari Dapil 3 Sulsel. ” Kita berharap, Pak RMS dan Pak Luthfi yang akan duduk di Senayan. Seluruh kader Nasdem sudah bekerja sejak lama. Target Nasdem memang dua kursi,” kata Rudi Hartono. (adn)

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

ADVERTISEMENT