Dinas Kominfo Ingin Wujudkan Palopo Jadi Kota Maju dan Inovatif

32
ADVERTISEMENT

PALOPO – Musyawarah Wilayah (Muswil) dan Seminar Nasional Perhimpunan Mahasiswa Informatika dan Komputer Nasional (Permikomnas) Wilayah XI resmi dibuka oleh Kadiskominfo Palopo, Hamsir Hamid, Kamis (7/12/2023).

Acara ini berlangsung di Auditorium Rujab SaokotaE Palopo, Hamsir Hamid mewakili Penjabat Wali Kota Palopo sebagai pembuka acara.

ADVERTISEMENT

Ketua Panitia, Bintang Aprianta, menjelaskan bahwa Permikomnas adalah wadah aspirasi mahasiswa Teknik Informatika, dan organisasi ini memiliki peran penting dalam meningkatkan mutu berpikir kritis mahasiswa.

Muswil dan Seminar Nasional kali ini memiliki tema besar, yaitu “Urgensi Keamanan Data Menuju Pesta Demokrasi,” yang menunjukkan relevansi dan urgensi isu keamanan data dalam konteks peran mahasiswa di dunia teknologi informasi.

Sejumlah narasumber terkemuka turut memberikan kontribusi dalam seminar ini, termasuk perwakilan dari Polres Palopo, akademisi Universitas Negeri Cokroaminoto Palopo (UNCP), komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU), hingga pejabat fungsional ahli Dinas Kominfo, Ramlan.

“Keberagaman latar belakang narasumber diharapkan dapat memberikan wawasan yang komprehensif kepada para peserta seminar,” ujarnya.

Muswil dan Seminar Nasional ini dihadiri oleh delegasi dari 15 perguruan tinggi di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Sementara Hamsir Hamid, dalam sambutannya, menyampaikan ucapan selamat datang kepada delegasi Permikomnas Wilayah XI yang memilih Palopo sebagai tuan rumah.

Keputusan ini dianggap sebagai kehormatan besar dan semakin memperkuat citra dimensi pendidikan di Kota Palopo.

“Pemkot Palopo memiliki visi-misi terwujudnya kota yang maju, inovatif, dan berkelanjutan yang sejalan dengan tujuan Permikomnas,” ujarnya.

“Khusus di Palopo, penerapan Smart City ditindaklanjuti dengan penyiapan sistem pemerintahan berbasis elektronik sesuai amanah Perpres No 95 tahun 2018,” tambahnya.

“Kami berharap pergantian kepengurusan Permikomnas secara periodik menciptakan regenerasi dan peningkatan organisasi yang semakin baik,” tutur Hamsir Hamid.

Seminar Nasional dan Muswil Permikomnas Wilayah XI diharapkan dapat menjadi forum yang produktif dan inspiratif bagi mahasiswa Teknik Informatika.

Serta membawa kontribusi positif terhadap perkembangan teknologi informasi di wilayah tersebut.

Acara ini juga dianggap sebagai langkah awal yang penting menuju pembangunan berkelanjutan dan kemajuan di bidang ilmu komputer dan informatika. (Dzul)

ADVERTISEMENT