Dinas Kominfo Kabupaten Bone Belajar Arsitektur SPBE di Luwu Utara

23
ADVERTISEMENT

MASAMBA — Dalam rangka implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Kabupaten Bone, Dinas Komunikasi dan Informatika Bone melakukan studi tiru ke Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Luwu Utara, Jumat (4/11) pekan lalu.

Diketahui, Pemerintah Kabupaten Luwu Utara melalui Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian meraih nilai SPBE 2.68 tertinggi di Sulawesi Selatan dengan predikat baik pada tahun 2021. Kunjungan tersebut dipimpin langsung oleh Sekretaris Dinas Kominfo Kabupaten Bone, Andi Muslam didampingi 17 pejabat fungsional lainnya.

ADVERTISEMENT

Kedatangan Dinas Kominfo Kabupaten Bone disambut baik dan diterima langsung Asisten III, Asyir Suaeb, Kepala Dinas Kominfo Luwu Utara, Arief R Palallo, para kepala bidang beserta staf fungsional. Dalam pertemuan itu, Sekretaris Kominfo Kabupaten Bone, Andi Muslam mengucapkan terima kasih atas penyambutan di Dinas Kominfo Luwu Utara.

“Terima kasih atas penerimaannya, tujuan kami ke sini untuk studi tiru implementasi Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik, karena kita ketahui SPBE Luwu Utara meraih predikat baik pada tahun 2021,” ungkapnya. Muslam menyebut memilih Kabupaten Luwu Utara sebagai lokasi studi tiru karena memiliki pengelolaan SPBE yang sudah diakui penerapannya.

“Inilah yang membuat kami dari Kabupaten Bone terhipnotis untuk berkunjung ke Dinas Kominfo Luwu Utara karena Pemprov Sulsel sendiri yang menyampaikan kiblat studi tiru SPBE hanya dua yakni Luwu Utara dan Pinrang,” jelas Muslam. Sementara, Kepala Dinas Kominfo, Statistik dan Persandian Luwu Utara, Arief R Palallo mengucapkan selamat datang kepada Rombongan Dinas Kominfo Kabupaten Bone.

“Semoga sharing Implementasi SPBE dapat juga diterapkan di Kabupaten Bone nantinya,” kata Arief. Arief mengaku implementasi SPBE berjalan berdasarkan landasan pelaksanaan evaluasi SPBE melalui Perpres Nomor 95 Tahun 2018, Pemenpan-RB Nomor 59 Tahun 2020 dan SE PAN-RB Nomor 18 Tahun 2021.

Sebagai langkah konkret, pihaknya menindaklanjuti melalui Perbup Nomor 39 tahun 2021 tentang Penyelenggaraan SPBE dan Perbub Nomor 29 Tahun 2022 tentang Arsitektur SPBE. “Jadi ada komitmen yang kami bangun untuk mendukung landasan tersebut melalui Perbup. InsyaAllah ke depan ini akan kami jadikan motivasi untuk selalu meningkatkan prestasi. Mudah-mudahan Pemkab Bone juga bisa meningkatkan nilai SPBE dari waktu ke waktu,” harap Arief. (rls)

ADVERTISEMENT