Dinas P2KUKM Juara Lomba Bunga Male pada Peringatan Maulid di Luwu Utara

62
ADVERTISEMENT

MASAMBA – Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (P2KUKM) keluar sebagai juara Lomba Bunga Male pada Peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw yang dilaksanakan Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Luwu Utara melalui Bagian Kesra Sekretariat Daerah, Selasa (3/11/2020), di Aula La Galigo Kantor Bupati.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Di bawah Dinas P2KUKM, ada Dinas Perikanan dan Sekretariat DPRD sebagai juara kedua dan ketiga. Selain Antarperangkat Daerah, panitia juga memberikan penilaian Lomba Bunga Male antarkecamatan. Di mana Kecamatan Baebunta Selatan keluar sebagai juara pertama, disusul Kecamatan Rampi dan Mappedeceng sebagai juara kedua dan ketiga.

ADVERTISEMENT

Lomba Bunga Male berlangsung meriah. Kendati demikian, pelaksanaannya tetap disiplin mematuhi protokol kesehatan Covid-19. Tamu dan peserta lomba harus melalui pengukuran suhu tubuh dan diwajibkan mencuci tangan dengan hand sabitizer yang telah disiapkan sebelum masuk ke dalam Aula La Galigo, serta wajib memakai masker.

Acara Peringatan Maulid Nabi Saw dihadiri Sekretaris Daerah Armiady, Ketua TP-PKK Luwu Utara Ny. Murni Iqbal Suhaeb, unsur Forkopimda, para Kepala Perangkat Daerah, Ketua PHBI Dullah Bingkasa, serta pembawa hikmah Maulid ustadz Hamdan. Adapun tema yang diangkat “Meneladani Perjuangan Rasulullah Saw Dalam Membangun Peradaban”.

ADVERTISEMENT

Sekda Armiady dalam sambutannya menyampaikan, Lomba Bunga Male yang dilaksanakan sebagai rangkaian Peringatan Maulid Nabid Muhammad Saw adalah bukan ajang untuk mencari yang siapa yang terbaik, tapi sebagai ajang silaturahmi sembari mengingat kembali perjuangan Rasulullah Muhammad Saw di dalam membangunan peradaban islam.

“Maulid ini adalah momentum yang tepat untuk merenungkan kembali keteladanan Rasulullah Muhammad Saw sebagai pusat pembinaan akidah, pembinaan ibadah, dan pembinaan muamalah bagi umat islam dengan berbagai latar belakang sosial budayanya,” tutur Armiady. Dikatakan Armiady, dalam hal keteladanan, Rasulullah Saw juga memberikan contoh bagaimana membangun ukhuwah islamiyah dan budaya tolong-menolong sesama muslim

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Pun dalam bidang politik, Armiady menyebutkan Rasulullah sebagai pemberi contoh sempurna dalam membangun kontrak politik dengan umat, serta bagaimana Rasulullah menghargai kemajemukan. “Meneladani Rasulullah berarti kita menunjukkan bahwa islam adalah agama yang rahmatan lil alamin, mengajarkan kedamaian, dan menjadi rahmat bagi semesta alam, bagi bangsa dan negara, khususnya Luwu Utara yang kita cintai ini,” tandas dia.

Sementara ustadz Hamdan dalam ceramahnya menyebutkan, tujuan peringatan Maulid Nabi Muhammad Saw adalah untuk mengharap rahmat dan ridho Allah Swt dengan mengkaji sifat dan sebagai contoh suri taudalan bagi umat manusia. “Salah satu tujuan dari peringatan Maulid kita pada hari ini adalah bagaimana kita bisa mengkaji sifat-sifat Rasulullah Saw, serta menjadi meneladani sifat-sifat junjungan Nabiullah Muhammad Saw,” ucap Hamdan. (Am/LH)

ADVERTISEMENT