Dinas Perdagangan Luwu Tera Ulang di Desa Bonepute Larompong Selatan

143

Belopa — Dinas Perdagangan Kabupaten Luwu baru-baru ini melakukan kegiatan rutin Tera ulang di Desa Bonepute, Kecamatan Larompong Selatan, Kab. Luwu.

Kegiatan yang rutin dilakukan tersebut bertujuan untuk menguji kembali terhadap Alat ukur takar timbang dan perlengkapannya (UTTP) yang dipakai dalam perdagangan.

Bagian penera ahli dinas perdagangan Luwu, Jalaluddin mengatakan, tera ulang yang dilaksanakan kemarin itu, untuk menyesuaikan UTTP dengan standar metrologi legal.

” Ini merupakan kegiatan rutin tiap tahun yang dilakukan oleh dinas Perdagangan, untuk uji tera penyesuaian UTTP dengan standar metrologi legal,” katanya Rabu (27/11/2019).

Lebih lanjut, Jalaluddin mengatakan,” Perdagangan melakukan ini karena ada beberapa pasar yang menggunakan UTTP yang tidak sesuai, dan jika hal tersebut kami temukan, maka akan langsung disesuaikan,” terangnya.

Selain itu, tujuan tera ulang UTTP ini agar tidak terjadi keuntungan yang sepihak. Dimana pedagang biasanya ingin keuntungan yang lebih, sementara pembeli tidak mau dirugikan.

Ke depannya, Jalaluddin berharap tidak ada lagi UTTP yang lebih menguntukan pedagang.

” Saya berharap, setelah kegiatan tera ulang ini, semua alat UTTP yang sudah ditera, tidak diubah lagi, dan tetap menyesuaikan UTTP standar meteologi legal,” pungkasnya. (fit)