Dinas Pertanian Palopo Ajak Petani Ubah Lahan Kosong Jadi Lahan Produktif

384
ADVERTISEMENT

PALOPO-Pemerintah Kota (Pemkot) Palopo, melalui Dinas Pertanian terus melakukan transformasi demi meningkatkan kesejahteraan petani yang berada di daerahnya.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Salah satunya, dengan mengajak masyarakat untuk memanfaatkan lahan kosong dan menjadikannya sebagai lahan produktif seperti pematang sawah dan bahu jalan.

Dinas pertanian mengajak seluruh petani untuk memanfaatkan pematang sawah sebagai tempat untuk menanam beberapa jenis sayur-sayuran untuk kebutuhan sehari-hari seperti terong, cabai, kacang panjang, bayam, sawi dan timun.

Dalam kegiatan ini melibatkan kelompok wanita tani, petani padi sawah, penyuluh dan Dinas Pertanian kota Palopo.

ADVERTISEMENT

Kepala Dinas (Kadis) Pertanian, Andi Bachtiar mengatakan, jika dalam melaksanakan kegiatan tersebut, pihaknya melibatkan para penyuluh pertanian lapangan.

“Kegiatan-kegiatan di bidang pertanian yang dikawal oleh ujung tombaknya yaitu Penyuluh Pertanian Lapangan sebagai garis depan, bersama-sama dengan masyarakat di jalan Memed memanfaatkan pematang sawah untuk ditanami tanaman yang bisa menambah income masyarakat setempat.” Kata Andi Bachtiar.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Lebih jauh, dirinya mengatakan jika hal tersebut dilakukan agar hasil pertanian para petani bisa melimpah.

“Perlu juga diberikan penyuluhan dan pembimbingan pada para petani sehingga hasilnya bisa optimal dan berhasil dengan baik, hal itu sejalan dengan pesan bapak Walikota Palopo untuk selalu mencari inovasi baru yang bermanfaat bagi masyarakat kota Palopo,” pungkasnya. (Anggi)

ADVERTISEMENT