Dinas PMD Luwu Utara Dinobatkan sebagai Peserta Terbaik Bimtek PPID Tingkat Provinsi

28
Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Luwu Utara, Iskandar, dinobatkan sebagai peserta terbaik Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas PPID Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang digelar selama dua hari, 20 – 21 Juli 2022 di Hotel Gammara, Makassar. (Foto : Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

MAKASSAR — Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Kabupaten Luwu Utara, Iskandar, dinobatkan sebagai peserta terbaik Bimbingan Teknis (Bimtek) Penguatan Kapasitas PPID Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan yang digelar selama dua hari, 20 – 21 Juli 2022 di Hotel Gammara, Makassar.

Iskandar mendapatkan piagam dan plakat penghargaan dari Ketua Komisi Informasi Provinsi Sulawesi Selatan, Pahir Halim, di acara penutupan Bimtek. Iskandar yang juga Sekretaris PMD Luwu Utara ini mengaku bahagia dan bersyukur bisa menjadi peserta terbaik dan mendapatkan penghargaan. “Alhamdulillh, saya tidak menyangka diberi apresiasi,” kata Iskandar.

ADVERTISEMENT

Ia tak lupa menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komisi Informasi Provinsi Sulsel atas apresiasi yang diberikan kepada dirinya. Hal ini, kata dia, menjadi pelecut semangat untuk dapat berbuat yang lebih baik lagi di masa-masa mendatang. “Semoga penghargaan ini memotivasi saya untuk lebih meningkatkan kapasitas saya sebagai PPID,” kata dia.

Ia mengatakan, tantangan PPID sangat berat di masa mendatang. Untuk itu, melalui Bimtek ini, dia mendapatkan pengalaman dan ilmu yang akan mendukung tugas-tugas dia sebagai PPID. “Tugas PPID berat, seperti bagaimana melakukan verifikasi bahan informasi publik, sekaligus melakukan uji konsekuensi terhadap informasi yang dikecualikan,” sebut dia.

ADVERTISEMENT

Namun, lanjut dia, dengan adanya Bimtek Penguatan Kapasitas PPID ini dapat membantu dia mengetahui lebih dalam fungsi dan tugas PPID itu sendiri. “Sekali lagi, terima kasih kepada Komisi Informasi atas apresiasi ini. Semoga ilmu yang saya dapat selama dua hari dari Bimtek ini, semakin memotivasi saya untuk bekerja lebih baik lagi,” pungkas Iskandar.

Sekadar diketahui, Bimtek Penguatan Kapasitas PPID Tingkat Provinsi Sulsel kali ini mengangkat tema “Keterbukaan Informasi Mewujudkan Penyelenggaraan Pemerintah yang Terbuka, Inklusif dan Partisipatif”. Pada Bimtek ini, peserta menerima beberapa materi seperti Keterbukaan Informasi Pengadaan Barang dan Jasa, dan Penyusunan Daftar Informasi Publik.

ADVERTISEMENT

Materi lainnya yang diterima peserta adalah Penyusunan SOP Layanan Informasi Publik, Simulasi Forum Koordinasi PPID, Mekanisme Uji Konsekuensi, serta Penyelesaian Sengketa Informasi Publik. Narasumber Bimtek PPID berasal dari Komisioner Komisi Informasi Provinsi Sulsel, di antaranya Pahir Halim, Benny Masjur, Khaerul Mannan dan Fauziah Erwin. (LH)

ADVERTISEMENT