Dinkes Luwu Utara Periksa 6 ODP di Rongkong, Ini Hasilnya

846
ADVERTISEMENT

MASAMBA-Tim Gerak Cepat (TGC) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Luwu Utara, terus bekerja melakukan berbagai upaya penanganan dan pencegahan penyebaran covid-19.

Terbaru, TGC Dinkes Lutra melakulan pemeriksaan cepat atau rapid test terhadap 6 orang dalam pemantauan (ODP) di Desa Rinding Allo Kecamatan Rongkong, Minggu (12/4/2020).

ADVERTISEMENT

Hasilnya, 6 ODP di Rongkong ini dinyatakan negatif covid-19. Juru Bicara Penanganan Covid-19 Kabupaten Luwu Utara, Komang Krisna, mengatakan, meski hasilnya negatif, 6 ODP ini tetap diwajibkan untuk isolasi mandiri di rumah masing-masing selama 14 hari.

“Pemeriksaan cepat dengan rapid test ini dilakukan sebagai upaya deteksi dini terhadap covid-19,” kata Komang.

ADVERTISEMENT

Komang juga menyebutkan, sejauh ini penanganan covid-19 di Luwu Utara menunjukkan performa yang sedikit lebih baik.

9 PDP tercatat, kini semuanya dinyatakan negatif covid-19, sehingga sampai 12 April 2020, positif covid-19 masih nirkasus.

Sementara untuk ODP juga mengalami penurunan, karena hari ini ada 5 ODP selesai dipantau dan dinyatakan sehat.

Total ODP di Lutra sebanyak 131 ODP. 71 ODP dalam proses pemantauan, sisanya 60 ODP selesai pemantauan dan dinyatakan sehat.

“Kami berharap masyarakat bisa disiplin menerapkan dan mematuhi social distancing dan physical distancing. Jika angka kepatuhan sampai 30%, maka kita bisa memperlambat laju epidemi covid-19 ini,” pungkasnya. (LH)

ADVERTISEMENT