Dipimpin Wandi Ismail, KPU Palopo Verifikasi Faktual PSI

62
Komisi pemilihan umum (KPU) Kota Palopo bersama Bawaslu mulai menyasar sejumlah partai calon peserta pemilu 2024 untuk verifikasi faktual (Verfak). (Foto : Dok. Koran SeruYA)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Komisi pemilihan umum (KPU) Kota Palopo bersama Bawaslu mulai menyasar sejumlah partai calon peserta pemilu 2024 untuk verifikasi faktual (Verfak).

Verifikasi faktual tersebut dipimpin komisioner divisi hukum dan pengawasan KPU Palopo, Wandi Ismail.

ADVERTISEMENT

Wandi Ismail, dalam kunjungan kerjanya di sekretariat partai solidiritas indonesia (PSI) senin 17 Oktober 2022, menjelaskan ada dua hal yang akan diverifikasi faktual yaitu kepengurusan dan keanggotaan partai politik.

Sementara untuk metode verifikasi dilakuakn dengan tiga cara, yaitu mengunjungi, menghadirkan dan menghubungi melalui teknologi komunikasi.

ADVERTISEMENT

Ketua DPD PSI Palopo, Edi Suandy mengatakan Dalam proses verifikasi pengurusan PSI, sejauh ini pihaknya sudah mempersiapkan kelengkapan berkas adimnistrasi. Adapun kekurangannya, mereka akan merampungkan secepatnya sesuai waktu ditetapkan oleh KPU.

Sekedar diketahui, Verfak tersebut akan berakhir 4 november 2022.

Sebelumnya diberitakan, Ketua DPD Partai Indonesia (PSI) Kota Palopo, Edi Suandi, mendatangi Kantor KPU Palopo, Selasa (11/10/2022). Selain bersilaturahmi dengan komisioner, Edi juga ingin memastikan apakah partainya memenuhi syarat untuk bisa ikut di pemilihan legislatif mendatang.

“Alhamdulillah, setelah konsultasi KPU menyatakan PSI Palopo memenuhi syarat untuk ikut pileg,” katanya. Soal targetnya di pileg mendatang, Edi mengatakan saat ini partainya tengah mempersiapkan sejumlah calon legislatif yag akan bertarung untuk meraih kursi di DPRD Palopo.

arget kita dua kursi di DPRD Palopo. Minimal satu lah. Teman-teman sangat antusias di lapangan dan masimal dalam bekerja. Komunikasi tetap terjalin dengan baik,” katanya.

Diketahui, PSI merupakan partai yang di dalamnya banyak diisi oleh pemuda dan mantan aktivis. Pada pemilihan legislatif lalu, PSI tak mendudukkan kadernya di DPRD Palopo. (and)

ADVERTISEMENT