Dishub Luwu Sukses Ikutkan 536 Peserta Diklat Pelaut di Makassar

825
ADVERTISEMENT

LUWU – Dinas Perhubungan Luwu sukses mengirim 536 peserta diklat pelaut selama tahun 2018. Mereka dikirim untuk menimba ilmu di dua akademi yaitu BP2IP Barombong sebanyak 159 orang dan PIP Makassar sebanyak 377 orang.

Sekertaris Perhubungan Luwu, Supriadi mengatakan ini merupakan salah satu program Dishub Luwu untuk bisa menciptakan pemahaman, baik bagi pemilik fasilitas kapal, ABK Kapal dan tenaga kerja maupun masyarakat para pengguna jasa transportasi laut, pekan lalu.

ADVERTISEMENT

Dia berharap agar para peserta Diklat untuk sadar dan memanfaatkan momen diklat itu untuk mengetahui tuntutan dan regulasi dan persiapan semua peralatan pelayaran di atas kapal.

“Ada tiga jenis sertifikat yang diperoleh peserta diklat yakni sertifikat Basic Safety Training (BST), Advance Fire Figthing (AFF) dan Security Awarness Training (SAT),” kata Supriadi.

ADVERTISEMENT

Pemberangkatan para peserta diklat biayanya ditanggung oleh pemerintah mulai dari biaya transportasi hingga penginapan.

Dia menambahkan untuk tahun ini, Dishub Luwu melalui Bidang kelautan kembali mengirim 200 nama peserta untuk mengikuti Diklat nelayan. “Mudah-mudahan seluruhnya dapat diakomodir,” harapnya.

ADVERTISEMENT

Supriadi juga menghimbau bagi peserta yang telah mengikuti Diklat pemberdayaan masyarakat BP2IP Barombong angkatan Delapan Belas agar segera mengambil sertifikatnya di kantor Dishub Luwu. (has/liq)

ADVERTISEMENT