Diskominfo Luwu Utara: Mendulang Prestasi, Bukan Sensasi

74
Kepala Dinas Kominfo Luwu Utara, Arief R Palallo dan Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani. (Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

LUWU UTARA — Tahun 2021 menjadi tahun berprestasi bagi Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Luwu Utara. Berbagai apresiasi dan penghargaan, baik skala lokal maupun nasional berhasil diraih. Hal ini menjadi bukti bahwa Diskominfo Luwu Utara tak hanya bekerja, tetapi juga berkinerja. Tak hanya bekerja keras, tetapi juga bekerja cerdas. Tak heran, Diskominfo Luwu Utara berhasil mendulang berbagai prestasi.

Apa saja capaian dari Perangkat Daerah pimpinan Arief R. Palallo ini? Seperti biasa, ajang Anugerah Keterbukaan Informasi Publik Tingkat Provinsi Sulawesi Selatan menjadi ajang primadona bagi Diskominfo Luwu Utara. Bagaimana tidak! Sejak dihelat pertama kali pada 2017, Diskominfo Luwu Utara tak pernah keluar dari dua besar. Bahkan peringkat satu diraih secara konsekutif, yakni 2017 – 2019, dengan kategori Menuju Informatif.

Sempat tergeser ke peringkat dua pada 2020, Diskominfo Luwu Utara kembali menapaki tangga tertinggi ajang Keterbukaan Informasi Publik Tahun 2021 kemarin. Bahkan Diskominfo Luwu Utara meraihnya dengan cara yang luar biasa. Tak hanya berada di peringkat pertama, Diskominfo Luwu Utara berhasil menaikkan skor penilaian menjadi 95,80, tertinggi sejak ajang ini digelar. Hasilnya, Luwu Utara menjadi daerah paling informatif di Sulsel

Tak sampai di situ, penyelenggaraan Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) di Luwu Utara yang dikelola Diskominfo bersama Perangkat Daerah lainnya, mendapat apresiasi dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Birokrasi Reformasi (PAN-RB). Berdasarkan evaluasi SPBE 2021, KemenPANRB memberikan nilai indeks SPBE tertinggi kepada Luwu Utara, yaitu 2,68 dengan predikat BAIK. Nilai ini tertinggi di Sulawesi Selatan.

ADVERTISEMENT

Paling istimewa, ketika kinerja Humas Kominfo Luwu Utara mendapat apresiasi dan pengakuan secara nasional dari Government Public Relation (GPR) Institute. Lembaga ini bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika dalam memberikan penghargaan TOP GPR Award 2021. Humas Kominfo Luwu Utara dinilai sukses meningkatkan aktivitas kehumasan di ranah digital, dan unggul dalam meningkatkan citra positif pemda.

Rentetan prestasi tersebut berbuah apresiasi di pengujung tahun 2021. Pelayanan publik oleh Diskominfo Luwu Utara dinilai paling baik. Pandangan publik atas kinerja Diskominfo Luwu Utara linier dengan hasil survei Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM) yang dilakukan Citra Publik Indonesia – Lingkaran Survei Indonesia Network (CPI-LSI Network).

Survei IKM terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di 30 Perangkat Daerah menempatkan Diskominfo dengan IKM tertinggi, yakni kategori A alias SANGAT BAIK. Diskominfo menjadi satu-satunya Perangkat Daerah yang mendapatkan hasil survei paling baik. Survei menggunakan metode purposive sampling, yaitu teknik sampling responden dengan menyesuaikan jenis layanan, tujuan dan data yang diperoleh, dengan jumlah responden 1.100. (LH)

ADVERTISEMENT