Dispernakbun Palopo Rancang Program Kerja Kegiatan Penyuluh Pertanian Tahun 2023

88
Dinas Pertanian Kota Palopo melalui Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Wara Timur menggelar rapat koordinasi. Mereka membahas tentang program kerja kegiatan penyuluh pertanian tahun 2023. (Dok. Dispernakbun)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Dinas Pertanian, Peternakan dan Perkebunan (Dispernakbun) Kota Palopo melalui Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Wara Timur menggelar rapat koordinasi. Mereka membahas tentang program kerja kegiatan penyuluh pertanian tahun 2023.

Diketahui program itu dilaksanakan secara bertahap mulai dari program tingkat Kelurahan, Kecamatan dan Kota. Kegiatan itu dihadiri Kepala Dispernakbun Kota Palopo, Ibnu Hasyim.

Kegiatan itu dilaksanakan untuk menyusun secara sistemastis dan detail rencana program dan kegiatan penyuluh di tahun 2023.

Ibnu Hasyim mengatakan program penyuluhan pertanian merupakan rencana kegiatan yang memadukan aspirasi petani-nelayan dan masyarakat pertanian dengan potensi wilayah.

ADVERTISEMENT

“Program pembangunan pertanian yang menggambarkan keadaan sekarang, tujuan yang ingin dicapai, masalah dan alternatif pemecahannya sehingga penyusunan program penyuluhan pertanian dilakukan pengkajian permasalahan dari segala aspek baik teknis, sosial maupun ekonomi. Kemudan dilakukan pengkajian pemecahan permasalahan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu Mardiyah Santi, Kepala BBP Wara Timur mengatakan program penyuluhan ini menjadi acuan bagi penyuluh dalam memberikan penyuluhan di lapangan. Sebab program penyuluhan pertanian nantinya akan diurai kembali menjadi Rencana Kerja Tahunan Penyuluh Pertanian (RKTP) bagi setiap Penyuluh Pertanian. (ayb/liq)

ADVERTISEMENT