Ditengah Kepungan Banjir, Tiga Pelajar Ini Tetap Tunaikan Tugasnya Kibarkan Bendera Merah Putih

118

SUMSEL-Senin (24/2/2020) pagi, seperti biasanya, para pelajar melaksanan upacara bendera. Seperti halnya dilakukan oleh para siswa di Sekolah Dasar Negeri (SDN) 3 Tanah Abang, Kecamatan Tanah Abang, Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (Pali), Sumatera Selatan.

Ditengah kepungan banjir, tiga orang siswa yang tengah bertugas untuk mengibarkan bendera merah putih, tak gentar melaksanakan tugasnya, di lapangan yang terendam banjir.

Mereka tetap semangat meskipun ketinggian air mencapai lingkar dada tiga pelajar itu. Sedangkan guru-guru dan pelajar lain berdiri di pelataran sekolah yang berada di atas air, dan ada pula yang memberikan hormat kepada bendera Merah Putih yang sedang dinaikan.

Dilansir dari Okezone, Kepala BPBD PALI, Junaidi Anuar, membenarkan kejadian tersebut. Dia mengatakan, jika banjir itu merupakan banjir yang terjadi setiap tahunnya.

“Benar itu SDN 3 Tanah Abang Selatan, namun rumah sekolah tersebut kondisinya aman karena bertiang tinggi dan yang kebanjiran hanya halaman saja lebih kurang 150 sentimeter dan desa-desa yang kabanjiran ada 10 desa,” kata Junaidi

Lebih jauh, dirinya menjelaskan jika sebanyak 10 desa terendam banjir di wilayah tersebut.

“Banjir tersebut merupakan banjir tahunan. Hingga hari ini rumah yang terendam lantai ada lima rumah,” lanjut Anuar.

Sekedar diketahui, sepuluh Desa di Kabupaten Penukal Abab Lematang Ilir (PALI), Sumatera Selatan dilanda banjir akibat meluapnya Sungai Lematang. Menurut Badan penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) setempat, ketinggian air ini kurang lebih 150 sentimeter. (*/Sya)