Ditengah Pandemi Corona, Dewan Minta Pemkab Luwu Utara Perhatikan Jurnalis

186

MASAMBA-Wakil Ketua DPRD Luwu Utara, Karemuddin, meminta agar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Luwu Utara, juga memperhatikan para jurnalis ditengah wabah virus corona.

Sebab katanya, jurnalis merupakan garda terdepan dalam menyampaikan informasi terkait penyebaran virus corona kepada masyarakat.

Hal tersebut, dikatakan Karemuddin saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Jumat (8/5/2020) kemarin.

“Rekan rekan wartawan selayaknya juga masuk dalam pos anggaran bantuan sosial, seharusnya bisa dimasukkan dalam pos anggaran yang sudah ada, karena wartawan pun termasuk dalam kategori masyarakat yang aktif beraktivitas,” katanya.

Lebih jauh, dirinya mengatakan jika imbauan pemerintah, untuk bekerja di rumah juga berdampak kepada kinerja para awak media yang ada di Luwu Utara.

“Saat pandemi ini, tentu perusahaan teman teman pers juga mengalami kesulitan, mengalami kendala, semua sumber terganggu, baik dari iklan maupun marketing, seperti pemangkasan anggaran koran yang dialihkan ke anggaran penanganan Covid-19,” jelasnya

Artinya, sudah pasti profesi wartawan pun termasuk kelompok yang terdampak dari Covid-19 yang juga rentan atau masuk dalam kategori sebagai Orang Terkena Dampak (OTD). Wartawan yang membutuhkan bantuan untuk menunjang kelangsungan ekonomi keluarganya.

Karemuddin juga menyampaikan dengan melihat anggaran penanganan Covid-19, Pemkab Luwu Utara menyediakan dana sekitar Rp 32,8 M.

“Di dalamnya tentu termasuk dana untuk pembelian alat kesehatan, terutama alat pelindung diri, dana untuk jaring pengaman sosial atau bansos, termasuk sosialisasinya,” terangnya.

“Oleh karena itu, saya berharap, janganlah kita melupakan teman teman wartawan. Terkait anggaran dan berbicara mengenai teknis yah itu bukan wewenang kita. Cara menyalurkan anggaran tersebut yah kita serahkan saja pada pihak terkait, yang penting teman teman wartawan juga bisa dapat tawwa,” pungkasnya. (Bayu/Sya)