Diwakili Asisten I dan III, Pemkot Palopo Ikuti PTBI 2020, Gubernur BI Paparkan Proyeksi Ekonomi 2021

77
ADVERTISEMENT

PALOPO–Walikota Palopo, Drs H Muh Judas Amir MH yang diwakili Asisten I (Asisten Pemerintahan) bersama Asisten III (administrasi umum dan keuangan) mengikuti Pertemuan Tahunan Bank Indonesia (PTBI) 2020 secara virtual, di Aula Bappeda Palopo, Kamis, (3/12/2020).

“Bersinergi Membangun Optimisme Pemulihan Ekonomi”, menjadi tema pada PTBI tahun ini.

ADVERTISEMENT

Dalam PTBI 2020 itu, Gubernur Bank Indonesia (BI), Perry Warjiyo memaparkan proyeksi ekonomi 2020 dan 2021. Dirinya mengungkapkan Indonesia bisa lepas dari jeratan resesi pada kuartal IV-2020.

Perry menambahkan, perekonomian nasional mulai membaik, akan tumbuh positif pada triwulan IV-2020 dan meningkat ke 4,8-5,8% pada 2021.

ADVERTISEMENT

“Pertumbuhan ekonomi, akan didukung oleh kenaikan ekspor, konsumsi rumah tangga melalui stimulus belanja sosial, investasi dengan stimulus belanja modal, dan investasi swasta dengan pemberlakuan UU Cipta Kerja,” ungkap Perry.

“Selain itu ekonomi juga akan pulih seiring peningkatan mobilitas masyarakat dan kehadiran vaksin anti-virus corona, jelasnya.

Sementra itu, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam  arahannya pada Pertemuan Tahunan Bank Indonesia itu  Jokowi p menyampaikan harapannya agar BI dapat mengambil bagian yang lebih signifikan dalam reformasi fundamental yang sedang digulirkan, kontribusi lebih besar, penggerakkan sektor riil. Presiden juga meminta BI untuk bisa mendorong adanya lapangan kerja baru dan membantu UMKM kembali produktif.

Dalam arahan pada PTBI yang diikutinya secara virtual itu, Jokowi juga meminta agar semua bergerak lebih cepat ditengah krisis saat ini dan membuang ego sektoral dan ego sentrisme antar lembaga. “Dalam situasi krisis seperti ini kita harus bergerak cepat. Buang jauh-jauh ego sektoral, ego sentrisme lembaga, dan jangan membangun tembok tinggi-tinggi berlindung dibalik otoritas masing-masing. Harus berbagi beban, berbagi tanggung jawab,” ujar Jokowi.

Sebelumnya, BI perwakilan sulawesi selatan menggelar PSTBI yang dihadiri Wakil gubernur sulawesi selatan, Andi Sudirman Sulaiman. (hms)

ADVERTISEMENT