Dominasi Golkar Runtuh di Luwu, Hanya Raih Tiga Kursi

2858

BELOPA — Partai Golkar yang selama ini mendominasi perolehan kursi di DPRD Luwu, pada pileg kali ini menuai hasil yang kurang menggembirakan. Perolehan kursinya menurun drastis. Dari enam kursi menjadi tiga kursi pada periode 2019-2024 mendatang. Di sejumlah dapil dimana Golkar dulunya mendulang suara kini hanya menyisakan satu kursi.

Bahkan, di Dapil 4 Luwu, partai Golkar tidak kebagian kursi sama sekali. Raihan suaranya seluruh caleg Golkar yang bertarung di dapil itu kalah bersaing dengan partai lainnya termasuk Perindo yang merupakan pendatang baru.

Tiga caleg Golkar yang berhasil lolos adalah Andi Muharrir, Zoelkifli dan Ruddin Sychbutuh. Dengan hasil itu, Ketua DPRD Luwu yang selama ini dipegang Golkar dipastikan berpindah ke partai lain.

Wakil Sekretaris DPD II Golkar Luwu, Ismail Ishak, saat dimintai tanggapannya mengatakan, salah satu faktor penyebar menurunnya perolehan suara Golkar lantaran sejumlah caleg tidak full bekerja mencari suara. ” Banyak caleg Golkar yang perolehan suaranya tidak signifikan. Sehingga, ada Dapil yang kita tidak kebagian kursi sama sekali,” katanya. (adn)