DP2KB Luwu Utara Minta Sekolah Tingkatkan PIK-R

113

LUTRA – Sekolah di Luwu Utara tingkat SMP dan SMA, diminta untuk meningkatkan program Pusat Informasi dan Konseling Remaja (PIK-R). Penegasan ini disampaikan Plt. Kepala DP2KB, Jumal Jayair Lussa baru-baru ini di Masamba.

Untuk mewujudkan itu, salah satu langkah yang diambil adalah menggelar Sosialisasi Penguatan PIK-R dengan melibatkan para pelajar SMP dan SMA serta sekolah sederajat lainnya. Kegiatan ini berlangsung pada Senin kemarin di Aula La Galigo Kantor Bupati.

Tidak hanya itu, DP2KB dan Pengelola PIK-R juga melibatkan Forum GenRe Lutra, para Pembina PIK-R/Sekolah serta PLKB di wilayah Pro PN. “Selain penguatan PIK-R, kita juga melaksanakan kegiatan Pelatihan Pendidik Sebaya dan Konselor Sebaya,” kata Jumal.

Jumal menyebutkan, program PIK-R ini secara khusus menyasar para remaja dan anak sekolah dalam rangka untuk memberikan ruang kepada mereka untuk meningkatkan pemahaman, pengetahuan, dan keterampilan tentang generasi berencana.

“Intinya, kita ingin para remaja ini dapat meningkatkan pemahaman, pengetahuan dan keterampilannya di dalam mengelaborasi setiap program generasi berencana serta bagaimana memaksimalkan program PIK-R di setiap sekolah,” pungkasnya.

Dalam sosialisasi kemarin, DP2KB menghadirkan Duta GenRe Sulawesi Selatan, Dirham Shining, sebagai pemateri, Ketua Forum GenRe Kabupaten Luwu Utara, Tita Kamila, serta para Duta GenRe Kabupaten Luwu Utara Tahun 2019. (lh/liq)