DPRD Palopo Gelar Rapat Paripurna Rencana Kerja Tahun 2019

1297
Anggota DPRD Palopo dari Fraksi Gerindra, Nureny menyampaikan rencana kerja DPRD untuk tahun 2019.
ADVERTISEMENT

PALOPO — DPRD Kota Palopo menggelar rapat paripurna tentang rencana kerja tahun 2019, Selasa (29/1/19).

Rapat dipimpin oleh Ketua DPRD, Harisal A Latief didampingi dua wakilnya, Hasriani dan Islamuddin. Dihadiri 12 anggota DPRD lainnya.

Rancangan kerja untuk tahun 2019 dibacakan oleh anggota DPRD dari fraksi Partai Gerindra, Nureny. Nureny melaporkan, penyusunan rencana kerja (renja) berdasarkan kepada UU nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah, PP nomor 18 tahun 2017 tentang hak keuangan dan administratif pimpinan dan anggota DPRD serta pp nomor 12 tahun 2018 tentang pedoman penyusunan tata tertib DPRD.

BACA JUGA :Fraksi Demokrat Protes Perjalanan Dinas Anggota Dewan Palopo tak Merata

ADVERTISEMENT

“Maksud dari renja ini, merupakan dokumen perencanaan yang akan digunakan sebagai acuan atau dasar bagi DPRD dalam melaksanakan fungsi, tugas dan wewenang secara terarah, efisien dan efektif sesuai dengan mandat yang diberikan. Sedangkan tujuannya ialah sebagai landasan bagi perencanaan dan evaluasi kerja alat kelengkapan dewan,” kata Nureny.

Rencana kerja DPRD Kota Palopo tahun anggaran 2019 kata Nureny disusun secara berkesinambungan dan selaras serta ditetapkan untuk dijadikan sebagai tolak ukur keberhasilan pelaksanaan tugas, wewenang, fungsi dan tanggungjawab DPRD sebagai lembaga yang merupakan representasi dari kedaulatan rakyat di daerah dan dalam rangka mewujudkan visi lembaga legislatif.

Lanjut Nureny, diharapkan saat pelaksanaan kegiatan, setiap pengelola kegiatan dan penanggungjawab kegiatan perlu melaksanakan pengendalian secara periodik melalui evaluasi dan kajian yang memadai.

BACA JUGA :Curhat Petugas Damkar Luwu Usai Padamkam Api di Masjid Agung Belopa : Kami Pertaruhkan Nyawa

Hal ini perlu dilakukan mengingat kegiatan evaluasi merupakan suatu proses manajemen yang tidak terpisahkan dengan fungsi lain dan dengan adanya evaluasi diharapkan untuk dimanfaatkan sebagai umpan balik bagi perencanaan yang akan datang.

“Berhasil tidaknya rencana kerja ini, akan sangat bergantung pada seluruh komitmen anggota DPRD Palopo,” tandas Nureny.

Usai pembacaan laporan rancangan kerja, anggota DPRD Palopo dari Fraksi Gabungan, Abdul Jawad meminta komitmen seluruh anggota DPRD Palopo dalam menjalankan renja.

“Saya minta komitmen dan sinergitas anggota dewan dan sekretariat dalam menjalankan rencana kerja ini,” tegasnya. Setelah itu, Nureny menyerahkan renja ke ketua DPRD Palopo, Harisal A Latief untuk ditandatangani. (asm)

ADVERTISEMENT