DPRD Palopo Rahasiakan Tiga Nama Diusul Calon Penjabat Walikota, Ada Apa?

149
ADVERTISEMENT

PALOPO — DPRD Palopo telah menggelar rapat untuk menentukan siapa yang akan diusul menjadi calon penjabat walikota Palopo menggantikan Judas Amir yang berakhir masa jabatannya pada September 2023 mendatang. Hanya saja, DPRD Palopo enggan membocorkan nama-nama yang diusulkan. Namun sebelumnya, lima fraksi yang ada di DPRD Palopo semuanya mengusul nama Andi Ikhsan Bassaleng yang kini menjabat Kepala Biro Umum Pemprov Sulsel.

Selain Andi Ikhsan, bocoran yang diperoleh menyebut selain Andi Ikhsan nama lainnya yang diusul adalah Kepala Dinas Penanaman Modal PTSP Sulsel, Asrul Sani serta Sekkot Palopo, Firmanza DP. Wakil Ketua I Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Palopo, Abdul Salam menyebut tiga nama calon Pejabat (Pj) Wali Kota Palopo sudah di tangan Sekjen Mendagri.

ADVERTISEMENT

Salam memastikan nama-nama yang diusul sudah sesuai amanat Mendagri yang tertuang dalam surat yang diterima DPRD Palopo beberapa waktu lalu. “Tiga nama calon Pj Wali Kota Palopo sudah di tangan Sekjen Mendagri per hari ini,” beber Salam, Selasa (8/8/2023). Lalu siapa tiga nama yang diusul? Salam tidak mau menyebutkan. “Saya minta maaf, baiknya tidak disebutkan,” kata legislator Nasdem ini.

” DPRD Palopo sudah mengusulkan tiga nama yang telah memenuhi syarat sesuai amanat dalam surat Sekjen Mendagri yang kami terima, diantaranya syarat kepangkatan sebagai Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama,” tuturnya. Kerahasiaan calon nama Pj yang diterima Mendagri menurutnya perlu dijaga.

ADVERTISEMENT

Supaya tidak terjadi polemik politik di Palopo sebelum Surat Keputusan (SK) disetujui oleh Presiden. “Kita tidak sampaikan secara terbuka, siapa tiga nama tersebut, karena Pj ini bukan hasil dari pemilihan dan dari partai. Pj ini seorang ASN yang ditunjuk Mendagri yang pantas menjaga kemajuan Palopo termasuk menjaga netralitas ASN jelang Pemilu. Kita serahkan sepenuhnya ke Mendagri, yakinlah pilihannya untuk kebaikan Palopo,” paparnya. (*)

 

ADVERTISEMENT