dr. Awaluddin, Lansia Pertama yang Disuntik Vaksin Covid-19 di Luwu Utara

59
ADVERTISEMENT

Luwu Utara–Kementerian Kesehatan melalui Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit menerbitkan Surat Edaran (SE) Nomor: HK.02.02/II/368 /2021 tentang Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 pada Kelompok Sasaran Lansia, Komorbid dan Penyintas Covid-19 serta Sasaran Tunda. SE yang ditandatangani Plt. Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Maxi Rein Rondonuwu, ini tertanggal 11 Februari 2021.

Dua hari pascaterbitnya SE ini, pelaksanaan vaksinasi bagi kelompok lansia di Kabupaten Luwu Utara pun dimulai.

Yang menarik untuk diketahui, siapa penerima pertama vaksin Covid-19 bagi kelompok lansia di Luwu Utara? Adalah dr. H. Awaluddin Husain, Sp.PD. Pria kelahiran 17 April 1959 ini menjadi penerima pertama vaksin Covid-19 dari kelompok lansia.

Dokter Awal disuntik vaksin pada Sabtu 13 Februari 2021 kemarin di RSUD Andi Djemma Masamba.

Hal ini diungkap Jubir Covid-19, Komang Krisna, Minggu (14/2/2021), di Masamba. Komang mengungkapkan, dr. Awal sendiri yang meminta untuk segera disuntik setelah SE diterbitkan.

“Beliau yang langsung meminta untuk divaksin. Tentu ini sebuah kabar baik,” kata Komang. Dia pun berharap calon penerima vaksin dari kelompok ini tak perlu cemas karena pemberian izin vaksin kepada lansia di atas 60 tahun sudah melalui proses uji klinis tahap ketiga.

“Tentu kita berharap, penyuntikan vaksin bagi kelompok lansia dapat berjalan dengan baik karena sudah ada yang mengawalinya,” sebut Komang.

Sekadar diketahui, Awaluddin Husain adalah mantan Direktur RSUD Andi Djemma Masamba yang juga adalah dokter spesialis penyakit dalam paling senior di Luwu Utara.

Usia dia saat ini sudah menginjak 62 tahun. Untuk diketahui pula, pemberian vaksinasi untuk kelompok lansia diberikan dua dosis dengan interval pemberian 28 hari.

(LH)

ADVERTISEMENT