Dua Calon Sekda Palopo ‘Kesandung’ Perwal Menajemen ASN, Ini Kandidat Sangat Berpeluang

1526
ADVERTISEMENT

PALOPO–Nama tiga calon Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Palopo telah dikantongi Walikota Palopo, HM Judas Amir. Tiga calon Sekda Palopo ini telah mengikuti lelang jabatan Sekda Palopo beberapa waktu lalu.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Mereka, yakni Kepala Bappeda Palopo, Firmanza DP, Kepala BPKAD Palopo, Samil Ilyas, termasuk Inspektur Palopo, Asir Mangopo.

ADVERTISEMENT

Dari tiga kandidat ini, salah satunya akan dilantik sebagai Sekda Palopo defenitif menggantikan Jamaluddin Nuhung yang akan memasuki pensiun tanggal 31 Desember 2019 mendatang.

Jamaluddin Nuhung sendiri, diberitakan media ini sebelumnya, mengakui jika kemungkinan besar penggantinya akan dilantik dalam bulan ini. Diperkirakan pelantikan Sekda Palopo yang baru pertengahan Desember ini.

ADVERTISEMENT

Lantas, siapa berpeluang menggantikan Jamaluddin Nuhung sebagai Sekda Palopo defenitif? Dari tiga pamong senior di jajaran Pemkot Palopo yang telah mengikuti
seleksi Sekda Palopo, peluang terbesar tampaknya di tangan Kepala Bappeda Palopo, Firmanza DP.

Bahkan, sumber media ini menyebutkan, langkah Firmanza menjabat Sekda Palopo bakal mulus karena dua calon sekda lainnya ‘kesandung’ adanya Peraturan Walikota (Perwal) terkait Menajemen ASN, sebagai tindak lanjut PP Nomor 11 tahun 2017.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Sesuai Perwal tersebut, pejabat eselon II tidak akan digeser dari jabatannya sebelum menjabat dua tahun jika dalam masa jabatannya tidak ada tersandung
masalah hukum. Jika merujuk Perwal ini, baik Samil Ilyas yang menjabat Kepala BPKAD Palopo, dan Asir Mangopo yang belum lama ini dilantik sebagai
Inspektur Daerah Palopo, belum lewat dari dua tahun menjabat jabatan eselon II.

Sehingga, peluang Firmanza menjabat Sekda Palopo sangat terbuka. Namun, siapa yang akan dilantik tentunya ada di tangan kepala daerah, dalam hal ini Walikota Palopo, HM Judas Amir. (*/tari)

ADVERTISEMENT