Dua Kali Sepekan, Bandara Toraja Layani Rute Penerbangan Toraja-Balikpapan Tanpa Transit

2753
Bandar Udara (Bandara) Toraja di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, akan membuka rute penerbangan baru. Rute baru ini melayani penerbangan dari Bandara Toraja ke Bandara Sepinggan Balikpapan, begitupun sebaliknya.
ADVERTISEMENT

MAKALE–Bandar Udara (Bandara) Toraja di Kecamatan Mengkendek, Kabupaten Tana Toraja, Sulawesi Selatan, akan membuka rute penerbangan baru. Rute baru ini melayani penerbangan dari Bandara Toraja ke Bandara Sepinggan Balikpapan, begitupun sebaliknya.

Informasi diperoleh KORAN SERUYA, penerbangan rute Toraja-Balikapapan dan sebaliknya, dibuka dua kali dalam sepekan menggunakan
pesawat ATR 72-600 milik Maskapai Wings Air. Yakni setiap hari senin dan sabtu.

ADVERTISEMENT

“Penerbangan dari Bandara Balikpapan pada pukul 09:00 Wita, sedangkan dari Bandara Toraja pada pukul 11:00 Wita,” kata Kepala Bandara Toraja, Anas Labakara, Selasa (20/4/2021).

Anas mengatakan, penerbangan rute baru ini sedang dalam perizinan ke Kementrian Perhubungan. Namun demikian, ujar Anas, ujicoba penerbangan Toraja-Balikpapan telah dilakukan pada Senin (19/4/2021) lalu.

ADVERTISEMENT

Dijelaskan Anas, penerbangan Toraja-Balikpapan dan sebaliknya tanpa transit.

“Bandara Toraja selama ini hanya melayani rute penerbangan Toraja-Makassar dan sebaliknya. Dengan penambangan rute baru Toraja-Balikpapan ini semakin membuka pintu gerbang penerbangan ke Toraja, termasuk bertujuan menumbuhkembangkan sektor pariwisata Toraja,” kata Anas.

Diketahui, Bandara Toraja juga telah diresmikan secara langsung oleh Presiden Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) pada Kamis (18/3/2021) lalu. (***)

ADVERTISEMENT