Dua Kandidat Mundur, Patahuddin Aklamasi Pimpin Golkar Luwu

257
Ketua DPD II Golkar Luwu, Patahuddin
ADVERTISEMENT

BELOPA–Teka-teki siapa yang menjadi Ketua DPD II Golkar Luwu, akhirnya terjawab sudah. Pada Musda yang digelar Senin (26/04/2021) di Hotel Borneo, Belopa, Patahuddin terpilih secara aklamasi.

Plt Ketua Golkar Luwu, Andi Hatta Marakarma mengatakan, dua kandidat lainnya yakni Andi Muharrir dan Zulkifli memilih mengundurkan diri. ” Keduanya menyatakan mendukung Patahuddin. Dengan demikian, Patahuddin terpilih secara aklamasi,” katanya.

ADVERTISEMENT

Musda tersebut juga dihadiri oleh Ketua DPD I Golkar Sulsel, Taufan Pawe. Terpilihnya Patahuddin sudah diprediksi sebelumnya. Itu karena saat penjaringan calon Ketua Golkar Luwu, hanya Patahuddin yang mampu memenuhi syarat dukungan dari pemegang suara.

Patahuddin sebelumnya juga menjabat sebagai Plt Ketua Golkar Luwu. Ia mengaku maju sebagai Ketua guna membesarkan partai berlambang pohon beringin ini di Kabupaten Luwu. Diketahui, dominasi partai Golkar di Luwu kini digeser oleh Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

ADVERTISEMENT

Pada pileg 2019 lalu, Golkar hanya merebut 3 kursi di DPRD Luwu dari sebelumnya 6 kursi. Adapun PPP meraih enam kursi pada periode ini dan berhak menjabat Ketua DPRD Luwu.

Sebelumnya diberitakan, musyawarah Daerah (Musda) DPD II Partai Golkar Kabupaten Luwu, Sulawesi Selatan, tidak kunjung digelar. Padahal panitia sudah lama melakukan penjaringan bakal calon.

ADVERTISEMENT

Tak hanya itu, calon ketua juga telah mengikuti fit and proper test di Makassar satu bulan lalu.

Steering Commite (SC) Musda Golkar Luwu, Djurimin Jufri, belum bisa memberikan keterangan kapan musda digelar. “Belum ada,” singkatnya saat dikonfirmasi, Selasa (20/4/2021).

Djurimin tidak ingin berspekulasi soal jadwal musda. “Nanti kalau pasti akan kami sampaikan,” sambung dia.

Diketahui, ada tiga orang yang bersaing memperebutkan kursi Ketua Golkar Luwu. Mereka adalah legislator DPRD Luwu Zulkifli dan Andi Muharrir. Serta mantan calon Bupati Luwu pada Pilkada 2018 Patahudding.

Zulkifli pada Rabu (24/3/2021) lalu membeberkan, mereka telah mengikuti fit and proper test atau wawancara yang digelar DPD I Partai Golkar Sulsel. “Kami bertiga ikut wawancara,” kata Zulkifli. (***)

ADVERTISEMENT