Dua Kelompok Pemuda Terlibat Bentrok di Palopo, Polsek Wara LangsungLakukan Mediasi Damai

142
ADVERTISEMENT

PALOPO – Selama kurung waktu dua bulan terakhir, sejumlah kelompok pemuda di beberapa wilayah yang ada di Kota Palopo, terlibat bentrokan. Bahkan ada yang memakan korban.

Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Timur 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Irwan Bachry Syam-Andi Muhammad Rio Pattiwiri Hatta (Ibas-Andi Rio)
2. HM Thoriq Husler-Budiman Hakim (MTH Berbudi)
Dibuat Oleh Seruya Poll

Terbaru, dua kelompok pemuda kembali terlibat bentrokan di Jalan Cakalang Jaya, Kelurahan Sarutanga, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, Sabtu (4/5/2020) malam lalu.

Dua kelompok tersebut, saling serang dengan menggunakan batu. Mereka diduga melakukan aksi saling lempar, akibat adanya kesalah pahaman antara kedua kelompok itu.

Beruntung, jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Wara Kota Palopo, dengan sigap turun ke lokasi kejadian dan membubarkan tawuran dua kelompok pemuda di wilayah tersebut.

ADVERTISEMENT

Kepada Koran Seruya, Kepala Unit (Panit) Reserse Kriminal (Reskrim) Polsek Wara, Iptu Andi Akbar mengatakan aksi kedua kelompok pemuda tersebut, sempat menjadi tontonan warga sekitar.

Dia menyebutkan, jika usai mengamankan Tempat Kejadian Perkara (TKP), pihaknya kemudian langsung melakukan mediasi untuk mendamaikan kedua kelompok pemuda yang bertikai.

ADVERTISEMENT
Siapa Kandidat Pasangan Calon Bupati/Wakil Bupati Luwu Utara 2020-2025 Pilihan Anda ?
1. Arsyad Kasmar-Andi Sukma (AKAS)
2. Indah Putri Indriani-Suaib Mansur (IDAMAN)
3. Thahar Rum-Rahmat Laguni (MATAHARI)
Created with Seruya Poll

Langkah tersebut, kata Akbar untuk mengantisipasi adanya bentrokan susulan. “Langsung kita damaikan di ruang Reskrim Polsek Wara,” katanya, Minggu (5/7/2020).

Lebih jauh, dirinya mengatakan jika usai pihaknya melakukan proses mediasi, kedua kelompok akhirnya bersepakat untuk berdamai dan tidak akan kembali melakukan aksi serupa.

“Kedua kubu pemuda dari 2 kelompok pemuda yang bertikai, sepakat tidak mengulangi kejadian yang sama. Jika ada salah satu kelompok yang memulai, maka akan diproses sesuai hukum berlaku,” ungkap Kanit Reskrim Polsek Wara, Ipda A Akbar, Minggu (5/7/2020) kemarin.

Ipda A. Akbar menjelaskan atas kejadian itu pihaknya melakukan penelusuran terkait penyebab aksi tawuran itu terjadi. Dan ternyata hanya salah paham. Kedua kelompok itupun sepakat untuk menyelesaikan konflik itu dengan cara kekeluargaan.

“Kedua kelompok itu juga sepakat tidak akan mengulangi perbuatannya. Semoga dengan mediasi ini, pertikaian itu dapat diredam dan tidak akan terulang lagi,” jelas perwira satu balok itu.

Sebelumnya, dua kelompok warga disekitar lokasi tersebut tepatnya di Jalan Malaja, Kelurahan Surutanga, Kecamatan Wara Timur, Kota Palopo, juga terlibat bentrokan, Minggu (17/5/2020) malam lalu.

Dari informasi yang dihimpun, kedua kubu saling lempar menggunakan batu. Akibatnya, dua orang warga dari kelompok yang bertikai terkena batu di bagian kaki.

Jajaran Kepolisian Sektor (Polsek) Wara Kota Palopo, yang tiba di lokasi membubarkan paksa aksi tersebut. Polisi juga mengejar para pelaku hingga ke lorong sempit di sekitar lokasi.(Rah)

ADVERTISEMENT