Dua PNS Diskominfo Luwu Utara Lulus Verifikasi Analis Kota Cerdas SNI ISO 37122:2019

48
Kepala Dinas Kominfo Luwu Utara, Arief R. Palallo. (Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Dua PNS Dinas Komunikasi, Informatika, Statistik dan Persandian (Diskominfo-SP) Kabupaten Luwu Utara, masing-masing Nirwan Sakir dan Nurhamsi, berhasil lulus verifikasi sebagai Analis Kota Cerdas SNI ISO 37122:2019.

Selanjutnya, keduanya akan mengikuti pelatihan atau diklat bagi Analis Kota Cerdas yang telah dinyatakan lulus verifikasi. Pelatihan ini diselenggarakan Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Government Transformation Academy (GTA).

Kepala Dinas Kominfo Luwu Utara, Arief R. Palallo, mengaku bersyukur atas capaian tersebut. “Kita bersyukur punya staf Kominfo yang bisa lulus verifkasi diklat Analis Kota Cerdas SNI ISO 37122:2019,” kata Arief, Minggu (6/3/2022), di Masamba.

Ia berharap keduanya dapat mengikuti pelatihan yang akan dilaksanakan pada 7 – 14 Maret 2022 mendatang. “Semoga bisa mengimbangi ilmu dari Tim Smart City Pusat untuk menunjang persiapan Luwu Utara menuju Kota Cerdas,” harapnya.

ADVERTISEMENT

Arief mengungkapkan, pada April 2022, Pemda Luwu Utara yang ditetapkan Kemkominfo untuk menyusun masterplan Smart City akan melakukan penantanganan MoU dengan Ditjen Aplikasi Informatika Kemkominfo yang ditindaklanjuti dengan bimbingan teknis.

“Insya Allah, MoU-nya April nanti yang ditindaklanjuti empat kali bimtek,” ungkapnya. Untuk diketahui, masterplan Smart City disusun guna memaksimalkan pemanfaatan teknologi, baik dalam meningkatkan pelayanan maupun mengakselerasi potensi daerah.

Penting juga diketahui bahwa Badan Standardisasi Nasional (BSN) telah menetapkan standar yang terkait dengan kota cerdas, di antaranya adalah SNI ISO 37122:2019 untuk Perkotaan dan masyarakat berkelanjutan sebagai indikator untuk kota cerdas. (***)

ADVERTISEMENT