Dua Proktor SMPN 1 Palopo Ikuti Simulasi Ujian Berbasis Komputer Daring 

2389
ADVERTISEMENT
PALOPO–Sejalan dengan akan dihentikannya Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK), Jajaran Kementerian Pendidikan (Kemdikbud) berupaya untuk mencari model ujian secara online sebagai pengganti UNBK.
Untuk itu kementerian pendidikan memunculkan Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) sebagai pengganti UNBK. Sistem ujian full online ini nantinya akan diberlakukan ke semua jenjang pendidikan dari SD, SMP, SMA dan SMK.
Terkait dengan hal ini, SMPN 1 Palopo baru-baru ini, Kamis (5/11/2020) ikuti simulasi skala besar (SSB) Ujian Berbasis Komputer Daring (UBKD) yang dilaksanakan secara online.
Dalam SSB UBKD ini diikuti oleh 2 orang Proktor dari guru SMPN 1 Palopo yang dilaksanakan di ruang guru sekolah menengah pertama terbaik di kota Palopo itu, dimana jumlah peserta simulasi ini sendiri diikuti secara daring oleh 45 peserta dari para guru atau Proktor perwakilan setiap SMP se kota Palopo yang dilaksanakan di sekolah mereka masing-masing. Dimana, setiap sekolah mengutus 1-3 orang Proktor untuk mengikuti simulasi ini.
Guru Mata Pelajaran IPA SMPN 1 Palopo, Supirman Lante yang juga salah satu peserta Simulasi UBKD, Supirman Lante mengatakan, simulasi UBKD adalah kegiatan simulasi yang dilakukan pada hari ini (Kamis, red) selain memberikan gambaran pelaksanaan UBKD juga untuk menguji perangkat dan jaringan.
“Simulasi yang kami ikuti adalah simulasi dari Kementerian Pendidikan, dimana pesertanya adalah semua Proktor yang ada di setiap SMP se kota Palopo, dalam simulasi ini, kami simulasikan cara membuka soal, mengerjakan soal dan mengirimkan jawaban,” ujar Supirman yang juga Wakasek Kurikulum SMPN 1 Palopo.
Adapun pelaksanaan UBKD ini diperkirakan akan dilaksanakan pada pertengahan bulan Maret hingga awal April yakni sebelum memasuki bulan suci Ramadhan tahun 2021 nanti. Untuk UBKD ini nantinya akan diikuti oleh kelas 8 di tingkat SMP.
Untuk diketahui Dinas Pendidikan kota Palopo telah membentuk tim 5 UBKD dimana tim 5 ini adalah tim Helpdesk  dari 5 orang tingkat SD/SMP yakni 1 orang orang koordinator dari kepala seksi dinas pendidikan kota Palopo, 2 orang guru dari SMP yakni SMPN 1 dan SMPN 3 Palopo, dan 2 orang guru dari tingkat SD. (jun)

ADVERTISEMENT