Dua Putra Walmas Dilantik Jadi Anggota DPR RI

3162
Syarifuddin Sudding dan Dhevy Bijak Pawindu

PALOPO — Anggota DPR RI periode 2019-2024 dilantik Selasa (01/10/2019) hari ini di Jakarta. Dua diantara ratusan wakil rakyat yang dilantik itu merupakan putra asal Walenrang-Lamasi (Walmas) Kabupaten Luwu.

Keduanya adalah Muhammad Devhy Bijak dan Syarifuddin Sudding. Dhevy Bijak adalah putra dari Wakil Bupati Luwu, Syukur Bijak. Dhevy begitu dia akrab disapa lolos di Dapil 3 Sulsel, dari Partai Demokrat. Di partainya, lelaki kelahiran 23 Mei 1992 ini berhasil mengalahkan tokoh senior Demokrat sekaligus caleg petahana, Bahrum Daido. Dhevy meraih 45.790 suara.

Putra Walmas lainnya adalah Syarifuddin Sudding. Walapun bertarung di Dapil Sulawesi Tengah, Syarifuddin merupakan putra asli Desa Salutubu, Kecamatan Walenrang Utara, Luwu. Ia lebih memilih bertarung di kampung halaman istrinya. Caco begitu sapaannya, kini sudah dua periode duduk di DPR RI.

Pada periode 2014-2019, Caco meraih kursi DPR RI dari Partai Hanura dan tergabung di Komisi III. Pada periode ini ia hengkang ke Partai Amanat Nasional (PAN). Perolehan suaranya 36.245 suara.

Menariknya, di PAN dapil Sulteng, lelaki kelahiran Batusitanduk, 06 Agustus 1966 ini berhasil mengalahkan perolehan suara Delia Wilhelmina. Delia adalah istri Wakil Walikota Palu, Pasha Ungu. Sebelum menjadi anggota DPR RI, Syarifuddin berprofesi sebagai pengacara di Makassar. (adn)