Dukung Pengembangan UMKM, Pemkab Luwu Utara Diberi Penghargaan dari Kementrian Keuangan

20
Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani saat menerima penghargaan dari Kementrian Keuangan. (Foto : Dok. Pemkab Luwu Utara)
ADVERTISEMENT

Luwu Utara — Pemerintah Kabupaten Luwu Utara mendapat penghargaan dari Kementrian Keuangan atas peran aktifnya dalam mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah.

Penghargaan ini diserahkan Kepala Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jendral Pembendaharaan Provinsi Sulawesi Selatan, Syaiful kepada Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani di ruang Kerja Bupati Luwu Utara.

ADVERTISEMENT

Penghargaan ini diberikan atas peran aktif Pemda Luwu Utara dalam mendukung pengembangan usaha mikro, kecil dan menengah. Di Sulawesi Selatan hanya Luwu Utara satu satunya kabupaten yang mengalokasikan anggaran untuk pengembangan UMKM.

“Luwu Utara menjadi satu-satunya kabupaten di Sulsel yang dapat (penghargaan.red) dan penghargaan ini di raih atas komitmen dari Pemkab Luwu Utara atas dukungannya dalam pengembangan UMKM melalui kerja sama pendanaan dan subsidi bunga ultra mikro yang di nilai oleh kementrian keuangan,” kata Kepala kanwil dirjen pembendaharaan provinsi Sulsel Syaiful.

Sementara itu, Bupati Luwu Utara menyampaikan pihaknya melakukan berbagai upaya untuk menghidupkan kembali usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) setelah terpuruk karena pandemi dan bencana alam banjir bandang beberapa tahun yang lalu.

Pemda juga membantu pelaku UMK melalui program pemberian kredit UMi mikro yang bunganya ditanggung atau disubsidi oleh pemerintah.

“UMKM memang menjadi salah satu prioritas kita dalam penggaran di daerah, sebab UMKM dapat memberikan kontribusi nyata dalam penyerapan tenaga kerja, dengan demikian sangat berarti untuk membantu Pemda dalam menanggulangi masalah keterbatasan lapangan kerja dan pengangguran,” jelas Bupati Luwu Utara Indah Putri Indriani.

Tidak hanya dari segi modal usaha serta peralatan bagai pelaku UMKM, sebelumnya pemda juga telah menyiapkan wadah untuk mengasah dan menambah pengetahuan mereka.

“Pemda Luwu Utara, mempunyai Balai latihan kerja, nah di situ setiap tahunnya menjadi wadah bagi masyarakat untuk mengasah dan menumbuhkembangkan potensi yang mereka miliki, jadi bukan sekedar modal usaha tapi kita siapkan juga SDM yang mumpuni,” ungkap Indah.

“Semoga dengan dengan adanya penghargaan ini bisa menjadi spirit untuk Pemda agar UMKM akan selalu tumbuh dan bisa bangkit lebih maju serta menjadi pilar yang akan mendukung konsep pembangunan ekonomi kerakyatan di Luwu Utara,” tutup Ketua DPD II Golkar Luwu Utara itu. (*)

ADVERTISEMENT