Dwicky, Mahasiswa Asal Luwu Utara Berprestasi Nasional

998
Dwicky Wicaksana Syahruddin.

Masamba — Nama Luwu Utara kembali harum di pentas nasional. Salah seorang mahasiswa berprestasi kelahiran Luwu Utara, Dwicky Wicaksana Syahruddin, meraih predikat 7 Tingkat Nasional pada event Indonesia Energy Innovation Callenge yang digelar oleh Devartement Mesin Fakultas Teknik Universitas Hasanuddin (Unhas), Jumat (23/11/2018). Event ini tentang inovasi terbarukan yang dikuti 14 tim dari 10 Universitas ternama di Indonesia.

Siapa Dwicky Wicaksana Syahruddin? Ia tak lain adalah putra Sekretaris Kesbangpol Luwu Utara, Syahruddin. Dwi, begitu ia akrap disapa, adalah mahasiswa Teknik Mesin Universitas Hasanuddin Makassar, sekaligus alumnus MIPA 1 SMA Negeri 1 Masamba Angkatan 50.

“Alhamdulillah, masuk peringkat 7 dalam kancah Energi Terbarukan Tingkat Nasional. Ini merupakan kebanggaan dan pengalaman tersendiri buat saya bersama teman-teman dan pengalaman ini tentunya menjadi guru yang baik untuk tetap berinovasi dan berbuat yang terbaik demi kepentingan masyarakat,” ujar Dwi.

Ia menambahkan, indikator dalam event ini berupa desertase/karya tulis Wind Turbin Concentrator sebagai Penyedia Energi Listrik Alamiah bagi masyarakat pesisir Indonesia, prototipe energi terbarukan dan presentasi di depan juri dan peserta. Mahasiswa semester tiga ini adalah anak kedua dari lima orang bersaudara pasangan Syahruddin dan Endang Sri Hartati.

Curriculum vitae-nya pun mengagumkan. Ia acapkali mengikuti event atau lomba matematika dan fisika tingkat regional dan nasional semasa di SMA. “Saya peserta paling muda, sementara tim lain sudah senior, baik dari segi usia maupun jenjang studinya,” ungkap Dwi.

Berikut tujuh besar di ajang Indonesia Energy Inovation Callenge: (1) Mahasiswa dari Universitas Telkom Bandung; (2) Mahasiswa dari Universitas Brawijaya; (3) Mahasiswa dari Politeknik Elektronic Negeri Surabaya; (4) Mahasiswa dari Universitas Indonesia; (5) Mahasiswa dari Institute Teknologi Bandung; (6) Mahasiswa dari Universitas Gajah Mada; (7) Dwicky Wicaksana dari Universitas Hasanuddin Makassar. (man)