Efektifkan Proses BM di Masa Pandemi, Lakukan Home Visit, Khusus untuk Siswa SMPN 14 Palopo yang Terkendala Belajar Daring

112
Kepala SMPN 14 Palopo, Arifin Juma.
ADVERTISEMENT

PALOPO–Dalam rangka meningkatkan efektivitas pembelajaran selama pandemi, SMPN 14 Palopo melakukan rapat evaluasi proses belajar daring maupun luring.

Kepala SMPN 14 Palopo, Arifin Juma mengatakan rapat tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauhmana keaktifan siswa dalam mengikuti proses pembelajaran.

ADVERTISEMENT

“Tiap dua minggu sekali kita rapat evaluasi belajar baik daring maupun luring,” kata Arifin Juma.

Lebih lanjut Arifin mengungkapkan pihaknya memadukan pembelajaran daring dan luring melalui metode home visit, atau kunjungan ke rumah siswa.

ADVERTISEMENT

“Ada beberapa siswa yang sama sekali tidak bisa mengikuti pembelajaran daring, gurunya yang langsung datang ke rumah untuk memberikan materi belajar,” ungkapnya.

Namun Arifin Juma berharap dengan metode home visit tidak membuat orangtua siswa menjadi acuh tak acuh (cuek) terhadap anaknya.

“Saya harap dengan adanya kunjungan rumah oleh guru Mapel, orangtua tetap memberikan perhatian kepada anaknya,” harapnya.

Metode home visit dilakukan sebagai upaya dalam membantu pemerintah Kota Palopo memutus mata rantai penularan Covid-19.

“Kita khawatir kalau siswa yang datang ke sekolah bisa mendapat virus atau mungkin membawa virus, tapi kalau gurunya yang ke rumah siswa, kami tentu bisa pastikan mematuhi protokol kesehatan,” tutup Arifin Juma. (har) 

ADVERTISEMENT