Enam Siswa SMPN 4 Palopo Disiapkan Ikuti Lomba Pidato Bahasa Luwu

66
Enam orang siswa SMPN 4 Palopo siap mengikuti lomba pidato Bahasa Luwu. Saat ini mereka merampungkan persiapan yang dibimbing para guru. (Foto : Ayub Sadega)
ADVERTISEMENT

PALOPO — Enam orang siswa SMPN 4 Palopo siap mengikuti lomba pidato Bahasa Luwu. Saat ini mereka merampungkan persiapan yang dibimbing para guru.

Lomba Pidato Bahasa Luwu itu bertujuan sebagai salah satu upaya pelestarian Bahasa Daerah Luwu di wilayah Luwu Raya, terkhusus Kota Palopo.

ADVERTISEMENT

“Untuk lomba pidato Bahasa Luwu, yang akan dilaksanakan Oktober 2022 mendatang. SMPN 4 Palopo sementara memantapkan persiapan dengan cara memahami naskah,” Kata Satriani guru SMPN 4 Palopo.

“Adapun persiapan yang kami lakukan adalah menyusun naskah kemudian diterjemahkan dalam bahasa daerah Luwu dengan melibatkan narasumber kompoten dan referensi dapat dipercaya,” sambungnya.

Satriani mengaku hanya melakukan persiapan selama beberapa hari, karena memang bakat yang dimiliki siswanya itu cukup meyakinkan untuk ikut dalam perlombaan tersebut.

“Memang bakat siswa kami ini sudah ada sehingga kami tidak kesulitan untuk melatih mereka untuk membacakan naskah puisi,” katanya.

Satriani, berharap dengan adanya lomba pidato bahasa Luwu di tingkat SMP ini, Kota Palopo bisa melahirkan seniman termasuk sejarawan.

“Semoga dengan ikutnya siswa kami dalam lomba pidato bahasa Luwu kali ini mereka bisa lebih semangat untuk agar kelak menjadi sejarawan yang berkualitas,” tandasnya. (ayb)

ADVERTISEMENT