Evaluasi Kurikulum, Kominfo Palopo Beri Masukan ke Prodi KPI IAIN

140
Foto bersama di sela pelaksanaan evaluasi kurikulum KPI IAIN Palopo.

PALOPO — Dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran bagi mahasiswanya, program studi Komunikasi Penyiaran Islam (KPI) IAIN Palopo menggelar evaluasi kurikulum di ruang pertemuan Hotel Value-Palopo, Jumat (11/10/2019).

Dalam pelaksanaan evaluasi kurikulum tersebut, Dinas Kominfo Palopo mendapat undangan khusus untuk memberikan masukan dan sekaligus koreksi terhadap upaya pengembangan kurikulum prodi KPI IAIN Palopo.

Pada kesempatan itu, Dinas Kominfo Palopo diwakili oleh kepala seksi pelayanan media komunikasi publik Herawan Syamsuddin Toni yang menyampaikan beberapa saran terhadap kurikulum serta pelaksanaan PPL bagi mahasiswa IAIN Palopo.

Dalam kesempatan itu, Herawan menyampaikan beberapa masukan diantaranya bahwa saat ini materi kuliah yang sangat dibutuhkan untuk diterapkan pada prodi KPI IAIN Palopo adalah mata kuliah yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan lapangan kerja serta relevan dengan perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang tengah berkembang saat ini.

Beberapa diantara materi mata kuliah yang disarankan oleh mantan Kasubag Humas Setda Palopo tersebut yaitu skil fotografi, videografi, desainer, tenaga layout pada media cetak atau online serta pengembangan kemampuan skil IT mahasiswa binaan prodi KPI.

Herawan juga menyarankan adanya metode latihan pembelajaran public speaking bagi mahasiswa KPI sehingga mereka dapat mampu tampil lebih percaya diri ditengah masyarakat.

“ Bahkan kedepan KPI IAIN Palopo perlu menyiapkan materi untuk membina mahasiswa menjadi tenaga Master of Ceremony yang andal, mengingat profesi ini juga dibutuhakn dalam keseharian “ ujarnya seraya menambahkan bahwa untuk meaujudkan maksud tersebut maka perlu pelibatan tenaga praktisi agar materi yang diajarkan dapat lebih mudah terserap oleh mahasiswa.

Kepala seksi pelayanan media komunikasi publik, Herawan Syamsuddin Toni dan kepala seksi kehumasan dan Pemberdayaan Komunitas Kominfo Palopo, Irwan Rizali Noor menghadiri evaluasi kurikulum prodi KPI IAIN Palopo.

Senada dengan hal itu, Dekan Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palopo, Masmuddin, menekankan perlunya mahasiswa prodi KPI untuk tampil dengan sikap multi talenta agar kelak setalah menempuh perkuliahan dapat diterima dan terserap didunia kerja.

Evaluasi kurikulum itu juga dihadiri sejumlah stakeholder diantaranya, dari LPPL Ratona TV dan Koran SeruYa Palopo. Acara tersebut dibuka secara resmi oleh Wakil Rektor IAIN Palopo, Muammar Arafat dan diikuti oleh para dosen lingkup Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah IAIN Palopo. Turut hadiri pula sebagai pembicara dalam kegiatan tersebut yakni Wakil rektor UIN Syarif Hidayatullah-Jakarta, Prof Andi M Faisal Bakti.